Home Entertainment Tips Menabung dan Berhemat Secara Efektif ala Generasi Z

Tips Menabung dan Berhemat Secara Efektif ala Generasi Z

112
0
SHARE
Ilustrasi menabung. Foto: Dok. HaloMoney.co.id

Diamma.com- Apakah kamu orang yang sering menabung? Atau bahkan jarang? Ada yang boros dan ada yang hemat sekalipun. Sesuai kebutuhan masing-masing. Lebih baik menabung sedikit demi sedikit dan kelamaan semakin banyak, karena menabung itu penting untuk masa depan kita sendiri, lho. Misalnya kamu bermimpi ingin membeli barang, kendaraan, investasi, rumah, dan usaha. Maka, semua impian dapat tercapai bila kamu mau berusaha menabung sejak dini.

Sehingga, dapat mengumpulkan uang banyak meskipun pemasukan kamu sedikit. Dengan begitu rencana untuk mengumpulkan uang tidak berantakan begitu saja. Berikut beberapa cara menabung paling efektif ala generasi Z. Yuk simak artikel ini!

1. Menetapkan Nominal yang Ingin Ditabung

Salah satu tips kali ini, kalian harus sisihkan uang sesuai dengan keinginan berapa pun nominalnya dan apakah akan ditabung  setiap hari, bulan, maupun tahun. Semakin kalian sering menyisihkan uang untuk ditabung, maka juga akan semakin cepat keinginan kalian di depan mata.

2. Tidak Perlu Membeli Barang yang Tak Dibutuhkan

Membeli barang yang tak dibutuhkan itu sangat penting untuk berhemat, karena generasi saat ini paling sering tergoda dengan barang trendy dan kekinian. Bahkan, ada yang sampai merelakan uangnya untuk membeli sesuatu yang bukan prioritas.

3. Menulis Catatan Pengeluaran Setiap Selesai Mengeluarkan Uang

Dalam sebulan kalian harus bisa merangkum apa yang sudah kalian beli. Dari situ, kalian bisa mengetahui berapa banyak uang yang kalian butuhkan untuk makan, keperluan sehari-hari, perawatan, hiburan, dan kebutuhan lainnya. Jadi, tidak ada dana yang terlupakan fungsinya begitu saja. Setelah kalian mengetahui apa yang dikeluarkan, kalian bisa menilai, mana yang harus dihemat dan mana yang harus tetap berjalan.

4. Jauhi Pengaruh Sekitar yang Konsumtif

Ketika kamu tinggal di dalam lingkungan yang konsumtif, maka jangan sampai terbawa dengan gaya hidup yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Lebih baik menghindari untuk tidak berperilaku konsumtif.

5. Mencari Penghasilan/Usaha Tambahan

Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau uang tambahan, harus rajin mencari rekomendasi serta mencari informasi di internet atau di dunia nyata tentang bagaimana mendapatkan peluang tersebut. Misalnya, kamu bisa memulai dengan menjadi seorang reseller sebuah produk, atau mencari partner supaya bisa bekerja sama dalam menjalankan bisnis, freelancer atau bekerja paruh waktu, content writer, guru honorer, menjaga toko, dan lain lain. Usahakan kamu berkomitmen dalam menjalankannya.

6. Mulailah Menabung Sesuai Hati dan Pikirkan Masa Depan

Di dalam semua poin-poin di atas, memang baik memikirkan bagaimana kehidupan sekarang. Mulai lah menabung, walaupun nominalnya kecil. Juga ada baiknya kita memikirkan kesiapan untuk kehidupan ke depan.

Nah, itu dia beberapa tips menabung secara efektif. Kalau kalian bisa menabung, kalian juga bisa me-manage keuangan untuk masa depan. Yuk Diammania menabung sejak dini!

Penulis: Rianty Danista
Editor: Rahma Angraini