Home Travel Destinasi 4 Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Cicipi

4 Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Cicipi

53
0
SHARE
Lezatnya Lumpia Semarang. Foto: md206_photography 

Diamma.com- Menikmati waktu liburan di Semarang, Jawa Tengah siapa yang tidak ingin? Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Semarang memiliki beragam destinasi wisata menarik mulai dari wisata alam, religi, sejarah, penginapan yang nyaman hingga kuliner.

Berbicara soal kuliner yang lezat dan tentunya menggugah selera, Semarang punya kuliner andalan lho, Diammania! Kira-kira apa saja ya? 

1. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal merupakan kuliner khas Semarang yang berbahan dasar tahu dan gimbal. Gimbal sendiri merupakan olahan tepung yang diberi udang atau biasa disebut bakwan udang. Tidak hanya tahu dan gimbal saja, isian kuliner ini terdiri dari irisan lontong, tauge, kol, dan disiram dengan saus kacang yang manis dan gurih serta ditambahkan petis sehingga semakin menggugah selera pengecapnya. Saat menyantap Tahu Gimbal, paling enak dengan kerupuk udang. 

2. Lumpia Semarang

Dikenal sebagai Kota Lumpia, bila singgah ke Semarang jangan heran menemukan banyak makanan ini. Biasanya, wisatawan dari berbagai daerah pasti akan mencicipi kuliner berbahan dasar terigu yang digulung, berisi daging ayam, sayuran, bawang putih, dan rebung ini. Biasanya, Lumpia disajikan dengan cabai rawit maupun dicocol dengan saus, sesuai selera Anda.

3. Mie Kopyok

Penyuka mie harus banget cobain kuliner khas Semarang yang satu ini. Mie Kopyok adalah makanan berkuah berbahan dasar Mie dengan tambahan tetelan daging dan irisan lontong. Kuliner ini diberi tambahan kerupuk gendar yang terbuat dari nasi yang dikeringkan dan memiliki rasa yang gurih.

4. Gudangan

Gudangan terlihat mirip dengan urap, tetapi tetap ada yang membedakan antara keduanya yakni bumbu utamanya. Jika urap harus memakai kencur, bawang merah, bawang putih dan terasi, Gudangan hanya memakai bawang merah dan bawang putih saja.

Isian dari Gudangan sama dengan urap yaitu sayuran rebus seperti bayam, kacang panjang, tauge, kecambah,wortel, dan kol lalu ditambahkan taburan kelapa. Untuk penyuka pedas, Gudangan bisa ditambahkan tingkat kepedasannya sesuai selera ya, Diammania! 

Penulis : Faradilla Rachman
Editor: Rahma Angraini