Home News Internasional Warga Amerika Serikat Rayakan Kemenangan Joe Biden Sebagai Presiden Baru

Warga Amerika Serikat Rayakan Kemenangan Joe Biden Sebagai Presiden Baru

43
0
SHARE
Suasana bahagia menyelimuti perayaan kemenangan Joe Biden – Kamala Harris, Sabtu (7/11) waktu setempat. Foto: Liputan6.com

Diamma.com- Kemenangan calon Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden – Kamala Harris disambut baik oleh masyarakat di seluruh penjuru negeri. Hal ini terlihat dari masyarakat yang turun ke jalan untuk menyambut presiden terpilih ini.

(Baca Juga: Pemilu AS: Joe Biden Terpilih Jadi Presiden Amerika Serikat Ke-46)

Melansir Kompas.com, masyarakat di Manhattan bersorak sorai dan bertepuk tangan. Beberapa dari mereka juga mengibarkan bendera dan membunyikan teko dari balkon. Bunyi klakson kendaraan juga mewarnai perayaan tersebut.

“Sedikit kenormalan kembali dalam hidup kami, dan anak-anak saya bisa melihat manusia yang layak kembali memegang kendali – itu membuat saya bahagia,” kata  Catherine Griffin (47).

Di wilayah lain, ratusan orang berkumpul di luar Trump Tower dan Grand Army Plaza Brooklyn sembari menyuarakan ‘You Are Fired’ dan ‘Trump is Fired’. Perkataan tersebut berasal dari Donald Trump saat tampil sebagai pembawa acara The Apprentice.

Sedangkan di Washington, masyarakat bersuka ria di Black Lives Matter Plaza membuka botol sampanye dan menyanyikan ‘Celebrate Good Times’.

“Para pemilih kulit hitam muncul dalam jumlah besar untuk mengubah negara ini dan menyingkirkan rasis di Gedung Putih. Yang sangat jelas adalah warga kulit hitam memilih adalah faktor yang mendukung Joe Biden dan Kamala Harris, terutama di negara bagian yang bertempur di Rust Belt. Sangat mengejutkan bahwa orang yang sama yang telah diperlakukan paling buruk oleh demokrasi kita melakukan yang terbaik untuk menyelamatkannya,” ucap Patrisse Cullors, direktur eksekutif Black Lives Matter Global Network Foundation.

(Baca Juga: Trump Kalah, Lagu ‘Party in the USA’ Kembali Masuk Chart iTunes)

Melansir The Associated Press, Biden memastikan diri menjadi Presiden Terpilih Amerika Serikat setelah menang dengan 286 suara elektoral. Suara elektoral ini berasal dari negara bagian Pennsylvania pada Sabtu (7/11) waktu setempat. Saat ini, Biden telah mendapatkan 290 suara elektoral setelah Nevada mengumumkan hasilnya.

Sedangkan Donald Trump hanya bisa mengumpulkan 214 suara elektoral. Belum diketahui pasti apakah kemenangan Biden akan memmengaruhi gugatan hukum yang diajukan oleh Trump mengenai hasil perhitungan suara. 

(Baca Juga: Joe Biden – Kamala Harris Menang, Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat)

Penulis: Sarah Nur Zakiah
Editor: Faradina Fauztika