Home News Internasional Resmi Dilantik Menjadi PM Selandia Baru, Jacinda Ardern Fokus Pada Covid-19 dan...

Resmi Dilantik Menjadi PM Selandia Baru, Jacinda Ardern Fokus Pada Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

40
0
SHARE
Jacinda Ardern perdana menteri Selandia Baru. Foto: AFP/Marty Melville

Diamma.com- Jacinda Ardern resmi dilantik menjadi perdana menteri Selandia Baru untuk periode keduanya pada Jumat (6/11). Ia berhasil menang telak pada pemilu 17 Oktober lalu dan hasil tersebut lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

Pada pelantikan tersebut, ia bersama pemimpin lainnya melakukan sumpah jabatan dengan bahasa Inggris dan juga Maori yang bertempat di Gedung Pemerintahan Wellington.

“Saya hanya akan mengatakan bahwa yang duduk di meja ini adalah Aotearoa Selandia Baru,” kata Ardern, menunjuk ke tim yang berkumpul, seraya menunjuk politisi Maori yang masuk dalam tim kabinet yang ditunjuknya, mengutip NDTV pada Jumat (6/11).

Selain itu, dalam sambutannya ia juga mengatakan bahwa mereka memiliki peran besar dan luar biasa untuk negara ini.

“Mereka secara kolektif mewakili berbagai perspektif yang berbeda, bakat besar, pengalaman luar biasa dan, seperti yang Anda harapkan dalam setiap saat krisis, komitmen besar untuk melayani negara ini,” tambahnya.

Berkatnya dalam menekan laju pertumbuhan Covid-19 di Selandia Baru, hal tersebut menjadi kesuksesannya pada pemilu Oktober lalu.

Adapun, wanita berusia 40 tahun itu pada masa jabatan periode keduanya akan tetap berfokus dalam penanganan Covid-19 serta berupaya dalam memulihkan kembali ekonomi yang tidak stabil akibat pandemi ini.

Sementara itu, hasil akhir yang dirilis pada Jumat menunjukkan Ardern memenangkan 50,0 persen suara, naik dari 49,0  pada malam pemilihan. Hal tersebut menjadikan Partai Buruh memiliki 65 kursi di parlemen yang beranggotakan 120 orang.

Penulis: Rahma Angraini
Editor: Rahma Angraini