Home News Nasional Libur Panjang, PT KAI Catat Peningkatan Penumpang Sebanyak 9.374 Orang

Libur Panjang, PT KAI Catat Peningkatan Penumpang Sebanyak 9.374 Orang

36
0
SHARE
Salah satu penumpang yang sedang bersiap sebelum menaiki kereta api dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Foto:  ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Diamma.com- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang kereta jarak jauh pada daerah operasional (Daop) 1 Jakarta jelang libur panjang selama lima hari ke depan. Tercatat sebanyak 9.374 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota, pada Selasa (27/10).

Hal tersebut diungkap oleh Eva Chairunisa selaku Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta. Eva menyebut angka tersebut sama dengan 86 persen dari 10.816 tempat duduk yang disediakan.

“Penjualan tiket mencapai 86 persen,” ungkap Eva dalam keterangan tertulisnya.

Melansir CNNIndonesia.com, pihak PT KAI juga memprediksi akan terjadi penambahan penumpang pada esok hari Rabu (28/10) yang lebih melonjak daripada hari ini.

“Angka ini masih akan bertambah mengingat penjualan tiket dilakukan secara online dan go show sebelum 3 jam keberangkatan KA,” lanjut Eva.

Akibat adanya peningkatan jumlah penumpang tersebut, PT KAI akan menambah 27 unit kereta yang beroperasi dari 27 Oktober – 01 November 2020. Penambahan tersebut meliputi 12 kereta pemberangkatan dari Stasiun Gambir, 13 kereta dari Stasiun Pasar Senen, dan 2 kereta dari Stasiun Jakarta Kota.

Meskipun terjadi peningkatan penumpang, Eva menyebut angka tersebut tidak lebih tinggi dibandingkan hari normal sebelum Covid-19 mewabah. PT KAI juga tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan membatasi kursi penumpang maksimal hanya 70 persen dari total kapasitas keseluruhan.

(Baca juga: Kemenhub Hapus Syarat Rapid Test Saat Naik Bus-Kapal Penyebrangan, Kecuali Zona Merah)

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Indira Difa Maharani