Home Entertainment Musik Gitaris Legenda, Eddie Van Halen Meninggal Dunia

Gitaris Legenda, Eddie Van Halen Meninggal Dunia

39
0
SHARE
Eddie Van Halen of Van Halen performing in Jacksonville, Florida on January 18, 1984. Ebet Roberts/Getty Images

Diamma.com- Kancah musik internasional kembali mendapatkan kabar duka, seorang gitaris legenda Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10) waktu setempat. Seorang pionir serta pendiri band Van Halen tersebut wafat di usia 65 tahun akibat penyakit kanker yang dideritanya.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh anaknya,  Wolfgang Van Halen melalui akun Twitter-nya @WolfVanHalen.

“Saya tidak percaya saya harus menulis ini, tetapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dalam perjuangan panjangnya yang sulit melawan kanker pagi ini.

Dia adalah ayah terbaik bagi saya. Setiap momen yang saya bagikan dengannya di dalam dan di luar panggung adalah hadiah. Hati saya hancur dan saya rasa saya tidak akan pernah pulih sepenuhnya dari kehilangan ini. Aku sangat mencintaimu, Pop,” tulisnya.

Eddie memulai karirnya sebagai pemegang gitar band legendarisnya Van Halen di tahun 1972. Bersama saudaranya Alex, Ia mengangkat nama keluarganya untuk nama band-nya tersebut. Pada tahun 1977, Van Halen mendapat kontrak dengan Warner Bros untuk memproses rekaman band mereka. Hingga pada akhirnya debut album pertama mereka di tahun 1978 langsung membuat Eddie sebagai gitaris baru yang diidolakan.

Hingga saat ini Van Halen sendiri sudah merilis 12 album dan menjual sekitar 10 juta copies di Amerika. Di tahun 1992 band ini juga mendapatkan penghargaan Grammy “Best Hard Rock Performance With Vocal” di album “For Unlawful Carnal Knowledge”.

Van Halen secara luas dikenal sebagai salah satu gitaris terhebat dalam kancah musik rock. Dengan pengaruhnya, banyak musisi di seluruh dunia menjadikannya panutan serta idola mereka di berbagai lintas generasi.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Indira Difa Maharani