Home News Internasional Termasuk Donald Trump, Berikut Deretan Pemimpin Negara yang Terpapar Covid-19

Termasuk Donald Trump, Berikut Deretan Pemimpin Negara yang Terpapar Covid-19

58
0
SHARE
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto: ft.com

Diamma.com- Hingga kini tak hanya Indonesia, namun seluruh negara lain pun terus berjuang memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. Kabar yang terus beredar dari kasus positif, pasien sembuh, hingga kematian kian meresahkan. 

Presiden atau pemimpin – pemimpin dunia lain terus berusaha untuk memerangi virus Corona ini. Demi melindungi masyarakatnya, tatkala presiden pun juga manusia yang bisa terpapar virus ini. Ini dia beberapa pemimpin negara yang terinfeksi Covid-19:

  • Donald Trump, Presiden Amerika Serikat
Donald Trump memberikan acungan jempol di Cleveland, Ohio. Foto: gettyimages

Presiden Amerika Serikat  yang sering menuai kontroversi ini menyatakan dirinya terinfeksi Covid-19 melalui akun Twitternya. Tak hanya Donald Trump, istrinya Melania pun juga terpapar Covid-19.

“Saya dinyatakan positif covid-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini bersama. Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami,” cuitnya.

  • Luis Abinader, Presiden Republik Dominika
Luis Abinader saat kampanye beberapa bulan lalu. Foto: bbc.com

Belum lama terpilih, Presiden Republik Dominika Luis Abinader bersama istrinya dinyatakan terpapar Covid-19. Melansir Aljazirah, Luis Abinader terpapar Covid-19 saat sedang berkampanye.

Setelah dinyatakan positif, Luis Abinader langsung melakukan isolasi mandiri sebelum pemilu negara pada bulan Juli lalu. Menurut dokter, keduanya bukan pasien yang beresiko tinggi maka dianjurkan untuk isolasi mandiri saja. 

  • Alexander Lukashenko, Presiden Belarusia
Sosok Alexander Lukashenko. Foto: dw.com

Pada Juli 2020 dalam pertemuan militer, Alexander Lukashenko dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Hingga kini, kondisi Presiden Belarusia tersebut sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Hari ini Anda berjumpa dengan seorang pria yang berhasil selamat dari Virus Corona. Para dokter kemarin menyimpulkan. Tanpa gejala,” ujarnya.

Sempat menuai kontroversi, Presiden Belarusia ini sempat menepis kekhawatirannya terhadap Covid-19. Lukashenko menyarankan untuk mengonsumsi vodka (alkohol) atau melakukan sauna guna menangkal virus.

  • Jeanine Alez, Presiden Bolivia
Jeanine Anez, Foto: reuters.com

Pada Kamis 9 Juli 2020 lalu, Presiden Bolivia Jeanine Anez dinyatakan positif Covid-19. Melalui cuitannya di Twitter, Anez mengatakan bahwa dirinya dalam kondisi baik dan tetap bekerja meski dalam isolasi mandiri.

“Saya merasa sehat, saya merasa kuat, saya akan terus bekerja dari isolasi, dan saya ingin berterima kasih kepada semua warga Bolivia yang bekerja untuk membantu kami dalam krisis kesehatan ini,” ungkapnya.

Itulah deretan para pemimpin dunia yang terinfeksi Covid-19. Selalu waspada dan tetap taat pada protokol kesehatan.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Indira Difa Maharani