Home News Nasional Siap Ditukar Besok, Ini Fakta Menarik Uang Khusus Rp 75 Ribu

Siap Ditukar Besok, Ini Fakta Menarik Uang Khusus Rp 75 Ribu

75
0
SHARE
Penampakan desain uang khusus pecahan Rp 75.000 yang beredar di media sosial. Foto: Dok. Istimewa

Diamma.com- Mulai besok 1 Oktober 2020 Bank Indonesia (BI) siap memperluas akses penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI pecahan Rp 75 ribu.  

Jika sebelumnya penukaran uang khusus hanya melibatkan 5 Bank Umum, kini penukaran uang khusus Rp75 ribu dapat dilayani oleh semua bank. Kalian hanya perlu mendaftar pada bank terdekat, dan mengambil uangnya di tempat yang sama saat mendaftar.

(Baca: Kabar Gembira! Mulai Besok Seluruh Bank Dapat Layani Tukar Uang Khusus Rp 75 Ribu)

Nah, melansir dari akun instagram @bank_indonesia, uang khusus peringatan kemerdekaan 75 tahun RI pecahan Rp 75 ribu ini memiliki fakta menarik yang perlu kalian ketahui loh, yuk simak!

  • Wujud Makna

Mensyukuri kemerdekaan, diperlihatkan foto proklamator Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Lalu gambar pengibaran bendera proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, serta beberapa pencapaian pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui gambar tol trans Jawa, jembatan Youtefa Papua, dan MRT Jakarta.

  • Memperteguh Kebinekaan

Anak-anak menggunakan pakaian adat yang mewakili wilayah barat, tengah, dan timur di NKRI. Lalu terdapat songket Sumatera Selatan, batik Kawung Jawa, dan tenun Gringsing Bali, yang menggambarkan keanggunan, kebaikan, dan kesucian.

  • Menyongsong Masa Depan Gemilang

Anak bangsa sebagai generasi penerus SDM unggul yang siap mewujudkan Indonesia Emas 2045. Lalu peta Indonesia Emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis Indonesia di ranah global, kemudian gambar satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI.

Nah, itu dia fakta menarik uang khusus peringatan kemerdekaan RI. Saat penukaran UPK 75 RI ini jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol Covid-19 ya.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Faradina Fauztika