Home Cetak WARTA: UPDM (B) Lakukan PKKMB Secara Beda

WARTA: UPDM (B) Lakukan PKKMB Secara Beda

69
0
SHARE
Ilustrasi: Diamma.com/ Berthy Johnry

Diamma.com- Pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, mengakibatkan kesulitan di beberapa bidang, tak terkecuali pendidikan.  Hingga kini, baik pembelajaran, kelulusan, sampai proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara daring.

UPDM (B) sendiri melakukan proses PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting serta Microsoft Team. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 1-3 Oktober 2020. Acara akan diresmikan pada hari pertama oleh pihak universitas di Lab Fikom Kampus III Swadarma secara daring.

“Peresmian yang akan dihadiri oleh rektor, wakil rektor, para dekan, serta pejabat yayasan berada dalam satu panggung dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Gunawan selaku panitia pelaksana.

Lanjutnya, Gunawan menjelaskan hari berikutnya PKKMB diserahkan ke masing-masing fakultas.

“Pada tanggal 2-3 akan diserahkan kepada masing-masing fakultas untuk penyelenggaraan dengan format dan materi sesuai kepentingan fakultas,” lanjutnya.

Dalam hal ini, fakultas Ilmu Komunikasi mempersiapkan mahasiswa baru untuk maju melalui proses transisi menjadi mahasiswa yang matang dan mandiri, dengan beberapa materi yang akan disajikan dan diskusi serta pemutaran video yang telah disiapkan oleh panitia.

“Bahwa nantinya dalam pelaksanaan PKKMB akan dibagi kelompok antara mentor dan peserta untuk melakukan sebuah diskusi melalui daring,” tutur Novita Damayanti, Wakil Dekan I Fikom.

Pelaksanaan dengan cara tersebut menjadi sebuah metode baru pendidikan di Indonesia demi mengurangi penyebaran Covid-19.

Penulis: Dinda Eliya Dewi

Versi cetak artikel ini diterbitkan di WARTA Diamma edisi # 77 September 2020, dengan judul “UPDM (B) Lakukan PKKMB Secara Beda”