Home Sorot Google Rayakan Ulang Tahun ke-22, Berikut Makna Doodle Hari Ini

Google Rayakan Ulang Tahun ke-22, Berikut Makna Doodle Hari Ini

58
0
SHARE
Doodle spesial perayaan ulang tahun Google yang ke-22 pada (27/9). Foto: Google Doodle

Diamma.com-  Hari ini Minggu (27/9) Google merayakan hari ulang tahunnya ke-22. Pada tahun ini, perusahaan multinasional terbesar yang bergerak pada produk dan jasa internet, sekaligus mesin pencari tersebut merayakannya melalui Google Doodle yang bertemakan social distancing.

Tema ini dipilih karena masa pandemi Covid-19 sampai saat ini masih terus mewabah ke seluruh dunia. Sehingga masyarakat dihimbau untuk mengikuti protokol kesehatan, salah satunya dengan berjaga jarak. 

Dalam Google Doodle hari ini, terdapat  makna di balik logo tersebut yaitu di huruf “G” besar berwarna biru menggunakan topi ulang tahun dan menghadap ke layar laptop sedang melakukan video call merayakan ulang tahun bersama  teman-temannya secara virtual. Serta terdapat beberapa kado dan sepotong kue ulang tahun di samping laptop huruf “G”.

Melalui laman resmi Google, perusahaan ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Dijelaskan bahwa nama Google awalnya diambil dari sebuah istilah dalam matematika yang muncul sekitar tahun 1920.

Saat berjalan di hutan New Jersey, ahli matematika Amerika Edward Kasner meminta keponakannya yang bernama Milton Sirotta, untuk membantunya memilih nama untuk angka yang mencengangkan: 1 diikuti 100 angka nol. Kemudian disebutkanlah kata “googol”,  istilah ini memperoleh visibilitas luas dua puluh tahun kemudian.

Lalu kata tersebut  dimasukkan dalam buku “Mathematics and the Imagination” yang dipopulerkan oleh Edward Kasner pada 1940. Selanjutnya, pada 2006  kata “Google” secara resmi ditambahkan ke Kamus Inggris Oxford sebagai kata kerja.

Penulis: Rianty Danista
Editor: Indira Difa Maharani