Home Entertainment Gaya Hidup Duh! Ini 5 Kesalahan Saat Mengenakan Masker

Duh! Ini 5 Kesalahan Saat Mengenakan Masker

54
0
SHARE
Meletakan masker di bawah dagu merupakan kesalahan yang kerap kali dilakukan. Foto: sehatq.com

Diamma.com- Mengenakan masker termasuk dalam salah satu upaya pencegahan Covid-19. Oleh karena itu, setiap orang diwajibkan memakai masker, baik di tempat umum maupun di kendaraan pribadi. Bahkan, Pemprov DKI Jakarta telah menerapkan operasi yustisi di mana para pelanggar protokol kesehatan akan dikenakan denda.

Namun, seringkali orang memakai masker dengan cara yang tidak tepat. Kesalahan ini dapat menjadi boomerang buat kita alih-alih mencegah Covid-19. Melansir New York Times, berikut beberapa kesalahan yang tidak disadari saat menggunakan masker.

  1. Masker Hanya Menutupi Lubang Hidung

Kesalahan ini sering tidak disadari bagi para pengguna masker. Pastikan masker yang kamu kenakan harus tertutup semua dari ujung hidung hingga dagu. Dalam video ‘How To Wear A Medical Mask’ yang dirilis WHO, setiap orang yang menggunakan masker dipastikan menutup rapat seluruh bagian hidung, mulut, hingga dagu.

  1. Menggunakan Masker yang Longgar

Meskipun masker dapat membuat pengap atau sulit bernapas, akan tetapi mengenakan masker longgar bukanlah hal yang tepat. Semakin longgar masker yang dikenakan, maka semakin banyak pula udara termasuk airbone yang masuk ke hidung maupun mulut.

  1. Meletakkan Masker di Bawah Dagu

Ketika makan, pasti mengharuskan melepas masker, salah satunya meletakkannya di bawah dagu. Hal ini dinilai kurang tepat karena virus yang ada di dagu otomatis akan berpindah dan menempel di bagian hidung jika kamu menaikannya kembali. Lebih baik, masker dilepas terlebih dahulu, kemudian dibungkus oleh plastik ataupun tisu.

  1. Sering Menyentuh Masker

Masker bagian luar menjadi sisi yang paling banyak ditempeli virus. Jika kamu menyentuhnya, lalu menyentuh wajahmu, otomatis seluruh virus menyebar kemana-mana, bahkan bisa memasuki rongga hidung dan mulut.

  1. Tidak Mengenakan Masker yang Bersih

Jangan gunakan masker yang sama jika belum dicuci. Masker yang kotor dapat menjadi sarang penyakit bahkan Covid-19. Oleh karena itu, sering lah mengganti masker. Jika kamu mengenakan masker sekali pakai, jangan dikenakan kembali untuk kedua kalinya dan langsung buang.

Namun, jika kamu mengenakan masker kain, kamu dapat langsung mencucinya dengan sabun sesaat setelah dipakai. Tentunya, virus akan enggan tinggal di tempat yang bersih.

Itu dia, 5 kesalahan yang kerap kali dilakukan saat menggunakan masker. Yuk, perhatikan kembali cara penggunaannya yang tepat, jangan sampai kamu terpapar Covid-19 karena penggunaan masker yang tidak benar.

Penulis: Rahma Angraini
Editor: Rahma Angraini