Home News Nasional Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Jokowi Gencarkan Penggunaan Masker

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Jokowi Gencarkan Penggunaan Masker

125
0
SHARE
Presiden Joko Widodo saat berada di  Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan. Foto: Instagram.com/ jokowi

Diamma.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau jajarannya untuk mengkampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat selama dua pekan. Pasalnya, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan protokol kesehatan.

Jokowi menegaskan kampanye ini akan dilakukan secara bertahap agar lebih efektif dipahami masyarakat, seperti mengkampanyekan penggunaan masker, dilanjutkan dengan kampanye jaga jarak, hingga kampanye cuci tangan.

“Saya ingin fokus saja, mungkin dalam dua minggu kita fokus kampanye pakai masker. Nanti dua minggu berikut kampanye mengenai jaga jarak. Tidak dicampur langsung urusan cuci tangan, jaga jarak, pakai masker,” ujar Jokowi saat memberikan pengarahan dalam rapat terbatas tentang Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (3/8).

Dalam kampanye ini, Jokowi juga mengajak ibu-ibu PKK untuk ikut terlibat dalam mensosialisasikan langsung kepada masyarakat.

“Mungkin yang menengah atas bisa ditangkap dengan cepat tapi yang di bawah ini menurut saya memerlukan satu per satu. Saya ingin ini melibatkan PKK, coba PKK. Istri Mendagri, saya gak tau kalau ibu-ibu khawatir masalah Covid mungkin kita rem, tapi kalau Ibu-ibu siap, saya kira PKK ini saya pikir sangat efektif door to door urusan masker,” katanya.

Dengan menggencarkan kampanye ini, Jokowi berharap masyarakat sadar betul akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi.

“Oleh sebab itu, dalam kesempatan yang baik ini saya ingin agar yang namanya protokol kesehatan, perubahan perilaku di masyarakat betul-betul menjadi perhatian kita,” katanya.

Penulis: Indira Difa Maharani
Editor: Faradina Fauztika