Home News Ingin Buat Podcast Sendiri? Perhatikan 5 Tips Ini!

Ingin Buat Podcast Sendiri? Perhatikan 5 Tips Ini!

37
0
SHARE
Ilustrasi podcast. Foto: newstopics.jp

Diamma.com- Saat ini, podcast menjadi salah satu hiburan berbentuk audio yang digandrungi oleh generasi milenial. Berbeda dari musik, podcast dapat menyajikan pengetahuan bahkan cerita-cerita menarik dari sudut pandang yang berbeda. Umumnya, podcast menghadirkan dua orang atau lebih sebagai pembicara, bahkan bisa kamu sendiri juga loh!

Nah, jika kamu ingin memulai membuat podcast, yuk ikuti 5 cara ini!

  1. Siapkan microphone, mixer, dan computer

Sebelum memulai podcast, kamu harus menyiapkan microphone, mixer, serta computer. Namun, kamu bisa menggunakan micropohone USB agar suara menjadi lebih jernih. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan aplikasi editing video untuk meminimalisir masalah suara atau menambahkan instrumen musik sebagai pembuka.

2. Pilih topik yang menarik

Pastikan konten podcast menarik untuk mendapat perhatian audiens. Kamu bisa mencari topik melakui hal-hal yang sedang tren saat ini, dan bahas dari sudut pandang yang berbeda. Kamu juga bisa undang teman yang memiliki kisah hidup menarik untuk dibagikan kepada para pendengar loh

3. Tentukan durasi dan format podcast kamu!

Podcast pada umumnya berdurasi 20-45 menit. Selain itu, kamu juga harus tentukan format podcast, apakah berbentuk wawancara atau siaran personal. Dengan begitu, podcast akan jadi lebih terarah dan tepat sasaran.

4. Jangan lupa perhatikan kualitas siaran

Setelah siaran usai, format rekamanmu harus tersimpan dalam format MP3 dengan laju bit 12 Kbps untuk format obrolan, sedangkan 192 Kbps untuk format podcast musik. Tentunya, kamu harus simpan file podcast dengan informasi berupa nama, tangga, hingga episode agar pendengar dapat mudah menemukannya.

5. Tentukan platform untuk podcastmu!

Kamu tidak boleh sembarangan memilih platform! Pilih platform yang sesuai dengan targetmu agar dapat menggaet lebih banyak pendengar. Untuk pemula, SoundCloud dapat menjadi platform yang tepat. Selain sudah banyak penggunanya, platform ini juga dapat digunakan secara gratis. Namun, masih banyak lagi platform lain, di antaranya Podcast Addict, Castbox, Google Play Music, dan Spotify.

Ternyata mudahkan? Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memulai podcast. Ayo tunjukkan kreativitasmu melalui podcast!

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Faradina Fauztika