Home Entertainment Akibat Covid-19, Disney Tunda Jadwal Rilis Star Wars, Avatar, dan Mulan

Akibat Covid-19, Disney Tunda Jadwal Rilis Star Wars, Avatar, dan Mulan

98
0
SHARE
Karakter utama yang memerankan film (kiri-kanan) “Mulan”, Star Wars”, dan “Avatar”. Foto: Kompas.com

Diamma.com- The Walt Disney kembali mengumumkan penundaan jadwal rilis film terbarunya yaitu “Mulan”, “Star Wars”, dan “Avatar” yang disebabkan karena Covid-19 yang belum juga mereda.

Jadwal rilis film “Star Wars” dan sekuel “Avatar” harus mundur selama setahun dari tanggal rilis semula. Melansir dari AntaraNews, penundaan sekuel “Avatar” hingga 16 Desember 2022. Sedangkan trio film “Star Wars” akan memulai debutnya sekitar natal setiap tahunnya dimulai dari tahun 2023.

James Cameron sebagai sutradara film “Avatar” merilis pernyataan cukup panjang terkait kabar penundaan tersebut.

“Sebagaimana kalian ketahui, karena Covid-19, kami terpaksa mengalami penundaan lama yang tak terduga dalam memulai pembuatan film live action yang saat ini sedang kami lakukan di Selandia Baru,” ujarnya melalui Twitter resmi @officialavatar.

Lebih lanjut James mengatakan bahwa pandemi Covid-19 masih menghalanginya untuk memulai pekerjaan produksi.

“Apa yang sepertinya sebagian besar tidak kalian ketahui adalah pandemi masih menghalangi kami untuk diizinkan memulai kembali sebagian besar pekerjaan produksi virtual secara bertahap di Los Angeles. Pekerjaan itu sama pentingnya dengan live action,” lanjutnya.

Selain “Star Wars” dan sekuel “Avatar”, film “Mulan” juga sudah mengalami penundaan jadwal tayang selama dua kali, yang terbaru diumumkan penayangan ditunda hingga 21 Agustus 2020, namun saat ini tanggal tersebut telah dihapus dari kalender rilis.

Sampai saat ini belum ada tanggal rilis resmi untuk film adaptasi live action dari film animasi Mulan (1998).

“Selama beberapa bulan terakhir, menjadi jelas bahwa tidak ada yang dapat dikesampingkan dalam hal bagaimana kita merilis film selama krisis kesehatan global ini, dan itu berarti kita menghentikan rencana rilis film “Mulan” disaat kita menilai bagaimana cara paling secara efektif membawa film ini ke penonton di seluruh dunia,” kata juru bicara Walt Disney Studios dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan AFP, pada Jumat (24/7).

Akibat mewabahnya Covid-19 membuat The Walt Disney harus mengatur kembali jadwal rilis film-film ternamanya secara detail.

Penulis: Audria Dwi Kusuma
Editor: Rahma Angraini