Home Entertainment Jangan Sepelekan! Berikut 5 Hal Berbahaya Radiasi UV Bagi Tubuh

Jangan Sepelekan! Berikut 5 Hal Berbahaya Radiasi UV Bagi Tubuh

110
0
SHARE
Ilustrasi seseorang yang sedang memakai sunblock pada kulitnya. Foto: otcdigest.id

Diamma.com- Halo Diammania, seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di dunia ini, akan tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa kandungan sinar matahari diatas jam 10 pagi memiliki efek negatif lho untuk tubuh dan kulit kita. Bukan hanya menyebabkan kulit terbakar  dan belang saja, akan tetapi masih ada bahaya lainnya yang dapat ditimbulkan dari telalu seringnya terpapar sinar matahari di siang hari.

Berikut sudah kami rangkum bahaya sinar matahari bagi tubuh dan kulit kita :

  1. Dapat Memicu Kanker Kulit

Meski paparan sinar matahari pagi yang cukup dan mengandung Vitamin D dapat mengurangi resiko kanker prostat atau payudara, akan tetapi apa bila kita terlalu banyak terkena paparan sinar matahari juga akan memicu kanker kulit khususnya pada siang hari. Selain itu, sinar matahari yang mengandung  radiasi sinar UV,  khusunya kandungan UV-A dan UV-B  dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel kulit tubuh kita. Maka dari itu, disarankan untuk memakai sunblock ataupun sunscreen yang mengandung SPF agar terhindar dari paparan sinar UV secara langsung.

  1. Mengakibatkan Kulit Lebih Cepat Keriput atau Mengalami Penuaan Dini

Radiasi sinar UV  berbahaya dan dapat menyebakan kerusakan pada sel kulit kita. Selain itu, juga mengakibatkan kulit kita kehilangan kelembapannya apabila terkena paparan sinar matahari secara langsung. Disamping itu juga berpengaruh pada jumlah kolagen yang dibutuhkan oleh kulit kita sendiri lho, Diammania. Hal itu yang dapat membuat kulit keriput, kendur,  dan pori-pori yang membesar. Sehingga,  dapat  menimbulkan penuaan dini  akibat kulit kita yang kurang terhidrasi dengan baik.

  1.  Menyebabkan Kulit Terbakar (Sunburn)

Resiko ini pun tidak boleh dianggap remeh, bahaya radiasi sinar UV dari paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit seseorang kemerahan atau terbakar. Selain itu, biasanya menimbulkan alergi dan iritasi, juga rasa perih yang berlebih, jika terlalu banyak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal tersebut juga tidak baik bagi keseimbangan tubuh kita dan akan mengancam kesehatan bahkan antibody yang dimiliki oleh tubuh.

  1. Menurunkan Sistem Imunitas

Bukan hanya berbahaya pada kulit saja, ternyata efek dari radiasi sinar UV juga dapat merusak dan menurunkan sistem imun dan kekebalan tubuh lho, Diammania. Pertahanan sistem kekebalan ini melibatkan kerja sel darah putih atau limfosit (sel T) dan sel langerhans.

Kulit  yang terpapar sinar matahari terlalu sering akan memicu lepasnya bahan kimia aktif yang akan mengganggu kerja sistem imun tubuh. Akibatnya, kemampuan imun untuk menghalau masuknya infeksi pun melemah.

  1. Gangguan Mata

Selain empat hal yang sudah disebutkan di atas, paparan sinar matahari juga dapat mengakibatkan kerusakan pada syaraf mata dan mengakibatkan katarak lho, Diammania.

Nah itu dia, lima bahaya yang ditimbulkan dari terlalu banyaknya paparan sinar matahari pada tubuh kita, jangan dianggap remeh yaa, Diammania.

Penulis: Angelina Tri Maulidina
Editor: Rahma Angraini