Home Entertainment Gaya Hidup Diklaim Dapat Menangkal Covid-19, Berikut Fakta Menarik Tanaman Eucalyptus!

Diklaim Dapat Menangkal Covid-19, Berikut Fakta Menarik Tanaman Eucalyptus!

253
0
SHARE
Ilustrasi Tanaman Eucalyptus . Foto: IStockphoto/trlgga

Diamma.com- Tanaman kayu putih atau dalam bahasa ilmiahnya adalah eucalyptus regnans  tengah menjadi perbincangan masyarakat saat ini. Pasalnya, Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim bahwa tanaman ini bisa menangkal Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi di seluruh dunia.

Kementan juga telah meluncurkan inovasi antivirus corona atau Covid-19 dengan eucalyptus, di antaranya berbentuk inhaler, roll on, salep, balsem, defuser, dan kalung antivirus. Apa saja fakta menarik tentang tanaman dan hasil produk ini, berikut fakta-fakta terkait produk eucalyptus tersebut:

  • Berjenis Tanaman Resprouter

Tanaman ini memiliki kemampuan resprouting, artinya eukaliptus dapat bertahan dari kebakaran dan tumbuh kembali secara vegetatif. Melansir idntimes.com, melalui proses pembakaran tersebut akan melelehkan resin yang membungkus benih eukaliptus, kemudian  benih akan terbuka dan melepaskan bijinya.

Jadi, ketika terjadi kebakaran hutan yang membakar pohon eukaliptus, tunas-tunas tersebut akan tumbuh dan muncul daun serta cabang baru.

  • Tanaman yang Kaya Manfaat

Tanaman ini dapat menghasilkan madu monofloral berkualitas tinggi, selain itu dengan konsentrasi cinole yang tinggi, menyebabkan  proses penyerbukan tanaman dilakukan secara alami. Cinole bersifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur. Biasanya, tanaman ini dimanfaatkan menjadi minyak esensial, salah satunya minyak kayu putih.

  • Masa Pertumbuhan yang Cepat

Dibandingkan dengan tanaman kayu keras lainnya, eukaliptus dapat tumbuh lebih cepat loh. Jika tanaman kayu keras lain membutuhkan waktu 18-25 tahun untuk matang, eukaliptus siap dimanfaatkan pada usia 10 tahun.  Masa pertumbuhan eukaliptus tentu berbeda setiap daerah, karena dipengaruhi air dan iklim.

  • Ampuh Mengusir Nyamuk

Salah satu manfaat dari eukaliptus sendiri adalah sebagai ramuan yang dipercaya dapat mengusir nyamuk, bahkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengonfirmasi bahwa minyak eucalyptus merupakan bahan yang efektif untuk mencegah gigitan nyamuk. Hal ini dikarenakan eucalyptus memiliki aroma yang kuat sehingga dapat mengganggu indera penciuman nyamuk.

  • Diklaim Dapat Menjadi Antivirus

Diklaim Kementan dapat menangkal virus Covid-19, cara kerja produk berbasis eukaliptus ini ialah dengan membunuh virus yang menempel pada tenggorokan sebelum akhirnya masuk ke paru-paru. Khususnya produk diffuser oil yang dianggap paling efektif membunuh virus yang tersebar di udara. Untuk kalung antivirus sendiri dipercaya dapat membunuh 42-80% virus dalam jangka waktu pemakaian tertentu.

Penulis: Risyad Abdurrohim
Editor: Indira Difa Maharani