Home Entertainment Gaya Hidup Sering Tertukar, Berikut Perbedaan Baking Powder dengan Baking Soda

Sering Tertukar, Berikut Perbedaan Baking Powder dengan Baking Soda

247
0
SHARE

Baking powder dan baking soda yang mempunyai fungsi sebagai pengembang kue.  Foto: diedit.com

Diamma.com- Saat proses membuat kue, sering kali kita membutuhkan baking powder atau baking soda agar kue mengembang. Bahan pengembang ini juga berfungsi agar kue yang dihasilkan menjadi lembut dan tentunya tidak bantat.

Kedua bahan tersebut merupakan salah satu bahan penting dalam membuat kue. Meski memiliki fungsi yang sama, nyatanya baking soda dengan baking powder berbeda loh!

Nah biar tidak salah lagi, berikut Diamma.com sudah rangkum apa saja perbedaan dua bahan kue tersebut, yuk simak!

  • Pertama, baking powder mengandung bahan yang sama dengan tambahan bahan bersifat asam dan pengering. Baking soda sendiri mengandung 100% zat sodium  bikarbonat.
  • Kedua, penggunaan baking powder cenderung cocok untuk kue kering, sedangkan baking soda lebih untuk cara memasak kue dipanggang ataupun dikukus.
  • Ketiga, baking powder ada dua jenis. Yakni single-acting dan double acting. Jika baking soda sendiri hanya sejenis, yaitu diperuntukkan bagi kue yang mengandung asam seperti yogurt, susu, cokelat dan buttermilk.
  • Keempat, baking powder menimbulkan rasa getir sedangkan baking soda tidak.
  • Kelima, baking powder tidak merusak rasa apabila digunakan dengan jumlah yang banyak. Baking soda sendiri tidak dianjurkan digunakan secara berlebihan.

Nah, itu dia beberapa perbedaan antara baking powder dan baking soda. Semoga setelah ini tidak salah lagi ya!

Penulis: Octavia Dwi Lestari
Editor: Indira Difa Maharani