Home Entertainment Gaya Hidup Populer di Indonesia, Berikut Jenis-jenis Kurma yang Sering Dikonsumsi

Populer di Indonesia, Berikut Jenis-jenis Kurma yang Sering Dikonsumsi

187
0
SHARE
Ilustrasi kurma. Foto: Instagram/kacangboss

Diamma.com- Meskipun bulan Ramadan telah berlalu, namun kurma yang merupakan hidangan favorit kala puasa ini ternyata memiliki banyak manfaat lho, Diammania. Selain sebagai camilan, kurma juga dapat mendukung program diet yang sedang kalian lakukan.

Buah yang berasal dari Arab Saudi ini bisa tumbuh kapan saja disetiap tahunnya lho, Diammania. Namun, untuk hasil yang baik dan buahnya yang segar, kurma dipanen saat musim gugur ataupun awal musim dingin.

Walaupun jika diperhatikan, kurma memiliki bentuk dan warna yang sama namun sebenarnya setiap kurma memiliki tekstur dan rasa yang berbeda.

Berikut sudah diamma.com rangkum beberapa kurma yang dapat dan biasa kalian temui di Indonesia. Simak Ya!

  • Kurma Ajwa

Dikenal dengan sebutan ‘Kurma Nabi’, karena dahulu sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW. Kurma dengan warna hitam pekat ini memiliki rasa seperti kismis lho, Diammania dan rasanya yang tidak terlalu manis. Serta, juga memiliki tekstur yang lembut dan kering. Selain itu, khasiat dari buah ini juga cukup banyak lho, seperti dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, mencegah penyakit jantung dan juga diabetes mellitus.

  • Kurma Ambera

Memiliki ukuran yang besar dan kualitas tertinggi dibanding kurma lainnya, tidak melulu khasiatnya sedikit, lho Diammania, justru manfaat yang dimiliki yakni mampu menyembuhkan penyakit secara alami.

  • Kurma Barhi

Jenis kurma satu ini, kaya akan rasa manis yang menyerupai sirup. Selain itu, juga memiliki ukuran paling kecil dibanding kurma lainnya. Adapun tekstur keras dan kulitnya berwarna kuning menjadi ciri khas dari kurma ini, lho Diammania.

  • Kurma Dayri

Kurma ini bertekstur lembut dan padat serta memiliki rasa yang manis. Selain itu, ukurannya pun juga bervariasi ada yang kecil dan besar. Daging kurmanya sendiri pun lunak dengan kulitnya yang berwarna merah dan menjadi coklat jika sudah matang.

  • Kurma Halawy

Untuk kurma satu ini memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa menyerupai madu. Apabila sudah matang, bisa langsung dikonsumsi lho, Diammania setelah dipetik dari pohon. Bentuk dari kurma ini bervariatif ada yang kecil hingga sedang.

  • Kurma Medjool

Kurma Medjul kulitnya lembut dan ketika dimakan rasanya sangat legit dan manis. Adapun tekstur kurma ini sedikit berserat dengan berbagai ukuran yang variatif. Ketika matang warna kulitnya akan berubah dari kuning menjadi coklat kemerahan.

  • Kurma Safawi

Warna kurma ini berbeda dengan yang lain, jika biasa ditemui kurma berwarna coklat namun kurma safawi berwarna hitam. Kurma ini memiliki tekstur seperti daging dengan rasa manis dan memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan secara optimal.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Rahma Angraini