Home News Nasional Hewan Langka, Kucing Emas di Sumbar Terjerat Perangkap Warga

Hewan Langka, Kucing Emas di Sumbar Terjerat Perangkap Warga

679
0
SHARE
Kucing emas yang merupakan hewan langka dan memiliki warna coklat keemasannya pada bulunya. Foto: Catlovers id

Diamma.com- Seekor kucing emas yang merupakan hewan langka dan dicegah kepunahannya oleh dunia serta dikenal dengan sebutan golden cat atau fire cat ditemukan terjerat pada perangkap babi  pada Selasa (16/6) di perkebunan milik warga di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kucing emas tersebut ditemukan oleh warga setempat dan langsung melapor kepada pihak terkait pemberdayaan hewan langka. Hal ini disampaikan oleh Vera Chiko, Kepala BKSDA Kota Bukittinggi, bahwa ia langsung melakukan evakuasi setelah mendapat informasi tersebut.

“Kami melakukan evakuasi setelah mendapat informasi dari warga yang melihat adanya satwa terjerat,” ucapnya pada Rabu (17/6) dikutip dari detik.com.

(Baca Juga: Hampir Punah, Yuk Intip 5 Fakta Menarik Kucing Emas )

Setelah dievakuasi, kucing emas ini dibawa ke Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi  untuk dilakukan perawatan.

“Setelah kita bebaskan dari jeratan dan kita obati sementara, lalu dievakuasi ke Kebun Binatang Bukittinggi,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan akan melihat perkembangan dari kucing emas tersebut dan menunggu instruksi lanjutan dari pimpinan.

“Sekarang kita obati dulu. Kita akan lihat perkembangan dan nunggu instruksi dari pimpinan terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap satwa ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kucing emas ini menjadi salah satu satwa yang sangat dilindungi dan terancam punah berdasarkan pernyataan dari Lembaga Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Hewan yang memiliki nama latin Catopuma Temminickii ini tersebar di daerah Tibet, Nepal, Burma, Thailand, hingga Indocina memiliki warna coklat keemasan pada bulunya.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Rahma Angraini