Home Entertainment Perhatikan Hal Berikut Jika Ingin Berat Badan Tetap Ideal Selama Pandemi

Perhatikan Hal Berikut Jika Ingin Berat Badan Tetap Ideal Selama Pandemi

186
0
SHARE

Diamma.com- Walaupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah dilonggarkan, namun masih ada sebagian orang yang masih berada di rumah saja untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dengan demikian, biasanya jika di rumah saja, sebagian aktivitas juga akan berkurang dan pastinya banyak orang yang mengeluhkan jika berat badan mereka bertambah. Hal tersebut dikarenakan makan ataupun tidur yang berlebihan.

Berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar berat badan menjadi seimbang. Simak yuk!

  1. Kendalikan Porsi Makan

Sebaiknya ambil makanan yang menurut kamu sangat ingin dimakan. Usahakan dengan piring kecil agar pada saat mengambil makanan, kamu merasa bahwa porsi tersebut sudah cukup banyak. Selain itu, makan dan kunyah secara perlahan supaya organ pencernaan dapat mencerna dengan baik.

  1. Batasi Asupan Gula

Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, biasanya ketika di rumah saja, keinginan untuk mengonsumsi suatu hal akan meningkat baik itu camilan maupun minuman. Meskipun tubuh juga perlu asupan gula, sebaiknya diseimbangkan dengan pola makan sehari-hari, karena jika tidak akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes, hingga obesitas.

  1. Atur Pola Makan

Selain mengendalikan porsi makan, mengatur pola makan juga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat dan seimbang, terlebih setelah puasa selama satu bulan. Mulai dengan sarapan pagi dan usahakan hindari makan saat malam hari. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur agar nutrisi tetap terjaga.

  1. Rutin Berolahraga

Meski selama di rumah saja kalian tidak dapat pergi gym, usahakan tetap berolahraga. Atur jam olahraga kalian dan lakukan dari hal kecil, seperti berjalan santai saat pagi dan sore hari, jogging, yoga di rumah, dan lainnya. Selain itu, waktu yang dibutuhkan pun sekitar 15-30 menit agar badan dan otot tidak terasa kaku ataupun tegang.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Air Putih

Usahakan selama di rumah saja, konsumsi buah dan minum air putih yang cukup. Hal tersebut agar tubuh tidak kehilangan asupan vitamin serta cairan. Idealnya minum air putih delapan gelas sehari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan mampu melarutkan lemak dalam tubuh.

Ayo, mulai dari saat ini lakukan pola hidup sehat dan bersih agar kesehatan tetap terjaga. Selain itu, tetap berada di rumah, jika tidak ada kegiatan penting.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Rahma Angraini