Home News Nasional Helikopter Jatuh di Kendal, 4 TNI Meninggal Dunia

Helikopter Jatuh di Kendal, 4 TNI Meninggal Dunia

174
0
SHARE
Helikoper milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat TNI Semarang jatuh di Kendal.
Foto: Kompas.com

Diamma.com- Helikopter milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) TNI Semarang berjenis MI 17 jatuh di Kawasan Industri Kendal, Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Sabtu (6/6) pukul 14.25 WIB.

“Pada hari Sabtu tanggal 6 Juni 2020 sekitar pukul 14.25 WIB di area Kawasan Industri Kendal, Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal telah terjadi Helikopter jatuh jenis MI 17 milik penerbad TNI-AD Semarang, yang start penerbangan pukul 12.39 WIB,” ujar Kabid Humas Jateng Kombes Iskandar Fitriana, dikutip merdeka.com.

Kepala Dinas Penerbangan TNI AD, Brigjen Nefra Firdaus mengungkapkan helikopter tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbangan AD, Semarang, Jawa Tengah.

Melansir  cnn Indonesia, misi latihan terbang ini merupakan salah satu program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1.

Nefra juga mengatakan bahwa helikopter dalam kondisi layak terbang, karena saat pre-flight check tidak menemukan hal-hal yang janggal. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama pun sudah berhasil dilakukan.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan kronologi kejadian, bahwa helikopter bernomor registrasi HA 5141 ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi Tactile Manuver. Berselang dua jam, helikopter pun dikabarkan jatuh di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Saat ini, penyebab jatuhnya helikopter masih dalam tahap penyelidikan.

“Setelah jatuh, Helikopter MI-17 ini terbakar dan menyebabkan 4 orang kru meninggal dunia, sementara 5 lainnya luka-luka. Korban luka-luka saat ini sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat,” ujar Nefra.

Berikut daftar nama korban meninggal dunia:

  1. Kapten Cpn Kadek
  2. Kapten Cpn Fredi
  3. Kapten Cpn Y Hendro
  4. Lettu Cpn Wisnu

Berikut daftar korban selamat:

1. Lettu Cpn Vira Yudha
2. Praka Nanang
3. Praka Rofiq
4. Praka Supriyanto
5. Praka Andi K

Penulis: Faradina Fauztika
Editor: Rahma Angraini