Home News Nasional Tips Merayakan Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Tips Merayakan Lebaran Saat Pandemi Covid-19

110
0
SHARE
Ilustrasi saat melaksanakan Hari Raya Idul Fitri.
Foto: Suara.com/ Iqbal Asaputro 

Diamma.com- Halo Diammania! Tidak terasa sudah sebulan penuh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Meskipun, saat ini seluruh dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, bukan berarti tradisi hari raya tidak dilaksanakan.

Berikut beberapa tips yang sudah Diamma.com rangkum untuk kalian yang merayakan lebaran!

  1. Salat Idul Fitri di Rumah

Salah satu aturan terkait Covid-19 adalah tidak boleh menciptakan keramaian, dikarenakan akan mudah terpapar. Oleh karena itu, salat idul fitri tahun ini diadakan di rumah masing-masing agar manusia tetap melaksanakan physical distancing. Salat idul fitri yang dilakukan di rumah sama seperti salat di masjid pada umumnya. Serta, seusai salat, jika tidak ada yang bisa memberikan khotbah, maka salat idul fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khotbah.

  1. Silahturahmi Secara Virtual Melalui Video Call

Tips berikutnya yaitu tetap silahturahmi dengan menggunakan aplikasi video call. Karena tidak dianjurkan untuk bersalaman serta berkeliling. Dengan adanya aplikasi video call sangat membantu silahturahmi secara virtual bersama sanak keluarga.

  1. Mengirim Hampers Kepada Keluarga atau Teman

Di tengah pandemi Covid-19, tidak memungkinkan untuk kita open house ataupun menerima tamu untuk mengajak makan di rumah. Hal lain, yang bisa dilakukan adalah dengan mengirim hampers (bingkisan) dengan jasa kurir sebagai bentuk bagi-bagi hadiah untuk keluarga atau teman yang tidak bisa bertemu secara langsung.

  1. Bayar Zakat Online

Saat ini, pemerintah menganjurkan organisasi-organisasi pengelola zakat untuk mengurangi pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung, atau membuka gerai di tempat keramaian. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dilakukan saat bulan ramadan. Oleh karena itu, membayar zakat di tengah pandemi bisa secara online, yaitu transfer bank atau bisa menggunakan aplikasi lain.

  1. Foto Keluarga dengan Pakaian ala Hari Raya

Tips yang satu ini jangan dilewatkan ya Diammania! Meskipun tidak bisa bersalaman dan berbincang dengan sanak keluarga dan tetangga, kalian bisa mengunggah foto di media sosial. Berpose semenarik dan sekreatif mungkin agar menambah keseruan momen lebaran di rumah.

Nah itu dia, Diammania, beberapa tips saat merayakan lebaran di rumah saja.

Penulis: Faradilla Rachman
Editor: Rahma Angraini