Home Entertainment Gaya Hidup Tips Nyaman dan Aman Berpuasa Saat di Rumah Saja

Tips Nyaman dan Aman Berpuasa Saat di Rumah Saja

142
0
SHARE
Ilustrasi memasak menu berbuka bersama keluarga di rumah. Foto: m.republika.co.id

Diamma.com- Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu umat Muslim di dunia termasuk Indonesia. Selain penuh berkah, momen kebersamaan yang terjalin merupakan hal yang sangat dinanti seperti buka puasa bersama.

Namun, ibadah puasa kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah sudah diberlakukan, hal ini tentu membuat umat Muslim tidak dapat keluar rumah untuk berkumpul. Berikut tips yang dapat dilakukan agar tetap lancar beribadah selama masa pandemi ini meski di rumah saja.

  • Menyediakan Stok Bahan Makanan

Menyetok makanan untuk beberapa waktu dapat dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan mengingat saat ini seluruh aktivitas berpergian keluar rumah sedang dibatasi. Pilihlah menu yang bergizi  seperti sayuran, aneka buah segar, dan lauk pauk dengan protein tinggi.

  • Memasak Menu Berbuka dan Sahur Sendiri

Memasak menu berbuka dan sahur di rumah merupakan hal yang baik dilakukan guna menjaga higienitas. Sehingga tidak perlu khawatir dengan kebersihan dan kandungan gizi dari menu yang disajikan.

  • Membersihkan Peralatan Ibadah

Bersihkan peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, sarung, dan peci secara rutin agar ibadah lebih terasa nyaman dan khusyuk. Selain itu juga agar barang-barang tersebut tetap bersih dan terhindar dari bakteri yang mungkin saja menempel.

  • Menjaga Kebersihan Paket yang Datang

Pada saat bulan Ramadan biasanya sebagian umat Muslim akan menerima paket atau parcel dari orang-orang terkasih. Pastikan tetap menjaga kebersihan paket yang diterima dan tetap cuci tangan setelah memegang atau merapihkan paket.

  • Hindari Buka Bersama di Luar Rumah

Kalau biasanya berbuka bersama dengan teman atau kerabat di luar rumah, kali ini momen buka puasa lebih baik di rumah saja demi kepentingan bersama agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Rahma Angraini