Home Kampus FKG UPDM (B) Lakukan Wawancara Daring Bagi Mahasiswa Baru Saat Covid-19

FKG UPDM (B) Lakukan Wawancara Daring Bagi Mahasiswa Baru Saat Covid-19

526
0
SHARE
Terlihat gedung Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang berada di Bintaro, Jakarta Selatan. Foto: Diamma.com/Della Aprillia

Diamma.com-  Selama pandemi Covid-19, semua kegiatan telah dibatasi termasuk berkerumun dengan jumlah massa yang banyak. Namun, hal tersebut tidak menghalangi kegiatan pendaftaran calon mahasiswa baru FKG UPDM (B).

Untuk menjadi mahasiswa FKG UPDM (B), salah satu syarat yang harus dilalui, yaitu harus lulus tes wawancara.

Perlu diketahui, pada Sabtu (9/5) lalu tepatnya telah dilaksanakan Ujian Saringan bagi mahasiswa baru  FKG UPDM (B).

Adapun tes wawancara tersebut akan dilakukan oleh Andriansyah selaku Warek 1 UPDM (B) dan Wadek 1 FKG UPDM (B), Mirna Febriani. Tes wawancara dilaksanakan di Kampus II UPDM (B), Bintaro, Jakarta Selatan .

Mekanisme dalam tes wawancara ini dilakukan secara individu atau bergantian, Ketua Panitia PMB (Penerimaan Mahasiwa Baru) menuturkan calon mahasiswa akan dihubungi satu persatu dan sebelumnya sudah infokan kepada masing-masing calon mahasiswa. Untuk pelaksanaan tes wawancara itu sendiri akan menggunakan video call Whatsapp.

“Calon mahasiswa akan dihubungkan dan disambungkan dengan pewawancara melalui video call, yang sebelumnya telah diinfokan melalui pesan teks dan surel,” ungkap Ambar saat dihubungi melalui aplikasi pesan Whatsapp.

Sebelum Covid-19, tes wawancara ini sudah dilakukan. Namun, mengingat situasi yang tidak memungkinkan, maka hal ini dilakukan untuk meminimalisir berkerumun saat masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Selain itu, ia juga mengatakan mengenai kendala pada  saat proses penerimaan mahasiswa dimasa Covid-19 ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan di antarnya menentukan sistem apa yang terbaik dalam melakukan tes ini serta juga dilakukannya trial and error.

“Sistem terbaik yang dimaksudkan adalah bagaimana memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk memahami kesesuaian minat dan bakat dan agar mereka juga dapat memahami pelaksanaan tes tersebut,” pungkasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, Dekan FKG UPDM (B) masih belum merespon untuk dimintai tanggapan lebih lanjut mengenai tes wawancara ini.

Reporter: Risyad Abdurrohim
Editor: Rahma Angraini