Home Entertainment Gaya Hidup Awas! Bahaya Berbuka Puasa secara Berlebihan

Awas! Bahaya Berbuka Puasa secara Berlebihan

185
0
SHARE
Ilustrasi mengonsumsi makanan berlebih. Foto: blog.tribunjualbeli.com

Diamma.com– Banyak momen menyenangkan yang dinantikan hanya ketika bulan puasa, salah satunya vibes waktu sahur dan berbuka puasa. Biasanya waktu berbuka adalah momen yang paling ditunggu bagi yang menjalankannya, karena ada suasana berbeda yang dirasakan ketika hampir 13 jam berpuasa, lalu diakhiri dengan santapan nikmat nan lezat.

Rasa lapar dan dahaga yang dirasakan ketika menjalankan puasa membuat kita biasanya menginginkan lebih banyak makanan kesukaan untuk dihidangkan ketika waktu berbuka. Sehingga memicu kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Tentu hawa nafsu berlebihan ini memicu dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita seperti berikut:

  • Begah (terasa penuh) pada Perut dan Memicu Asam Lambung

Ketika mengonsumsi banyak jenis makanan dan minuman, terlebih jika memiliki kandungan lemak, serat, dan asam berlebih akan memicu terjadinya rasa tidak nyaman pada perut kita. Saat makanan yang masuk terlalu banyak, dapat mengakibatkan tertekannya pada bagian diafragma.

Jadi, tidak hanya memberikan kesan penuh dan tidak nyaman pada perut kita, bahkan menimbulkan naiknya asam lambung. Keadaan ini dapat menyulitkan dan menyiksa, walau kalian menyantap makanan lezat sekalipun.

  • Berat Badan Naik Drastis 

Sepertinya bukan hal yang lumrah ya untuk resiko yang satu ini. Porsi makan yang berlebih bagi kebanyakan orang akan memiliki dampak bertambahnya berat badan secara drastis. Tentu hal ini sangat tidak baik bagi tubuh, selain membuat rasa tidak percaya diri, juga dapat mengakibatkan obesitas jika secara terus menerus tidak mengatur pola makan kita. 

  • Cepat Mengantuk

Mengonsumsi makan berlebih akan mengakibatkan efek lemah pada diri kita, hal ini pula yang akhirnya akan memberikan rasa kantuk yang berlebih setelah berbuka puasa. Tentu bukan hal yang baik jika setelah makan kita langsung tidur, hal itu akan menghambat sistem pengolahan pada tubuh. Selain itu juga berdampak negatif bagi kegiatan sehari-hari.

  • Menghambat Sistem Pencernaan

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa makan berlebih mengakibatkan tidak nyaman dan asam lambung pada perut kita, yang menjadi salah satu dampak dari terhambatnya sistem pencernaan. Selain itu juga akan mengakibatkan mual dan disertai dengan muntah jika perut kita terisi terlalu penuh.

Sekarang sudah tau kan, bahaya apa saja yang diakibatkan jika mengonsumsi makanan berlebih? Yuk! Ubah pola makan saat berbuka, alangkah baiknya tubuh kembali diisi sesuai porsi yang cukup. Sehingga sistem pencernaan dalam tubuh kita pun tidak merasa kaget dengan banyaknya asupan setelah perut kosong seharian.

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani