Home Entertainment Gaya Hidup Identik saat Ramadan, Berikut Khasiat Buah Kurma untuk Kesehatan

Identik saat Ramadan, Berikut Khasiat Buah Kurma untuk Kesehatan

157
0
SHARE
Buah kurma yang sering dijadikan sebagai makanan untuk berbuka puasa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto: alodokter.com

Diamma.com- Siapa yang tidak tahu buah asal Arab, kurma. Buah ini identik ketika bulan Ramadan tiba, karena seringkali dijadikan sebagai kudapan ketika berbuka puasa. Rasanya yang manis membuat kurma banyak digemari orang. Mencarinya pun tak susah, karena dapat ditemukan di supermarket maupun pasar. 

Sebagian besar orang mengonsumsi kurma karena buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Kurma kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kurma kering mengandung lebih banyak kalori yang berasal dari karbohidrat. Kurma juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan serat, serta memiliki antioksidan yang dapat menangkal sejumlah penyakit

Selain itu, nyatanya buah kecil berwarna coklat inipun baik bagi kesehatan. Berikut Diamma.com rangkum sejumlah manfaat buah kurma bagi kesehatan. 

  • Sumber Serat untuk Melancarkan Pencernaan

Kurma merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Dalam 3,5 ons kurma terdapat 7 gram serat. Serat baik bagi saluran pencernaan untuk mencegah sembelit. Dikutip dari Healtline studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi tujuh kurma setiap hari, buang air besar secara teratur dibandingkan sebelum makan kurma.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dan kalium dalam kurma ternyata berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Kedua zat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat. Ditambah lagi, kandungan serat dalam kurma juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Kaya Antioksidan Untuk Mencegah Kanker

Kurma mengandung sejumlah antioksidan yang dapat mencegah sejumlah penyakit kronis. Antioksidan yang terkandung dalam kurma, yaitu flavonoid, bermanfaat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan kanker. Ada pula karotenoid yang menjaga kesehatan jantung dan mata. Kandungan antioksidan asam fenolik di dalam kurma juga dapat mencegah inflamasi dan sejumlah penyakit kanker.

  • Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kurma mengandung banyak mineral yang membuat buah ini baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang. Buah ini mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang semua zat gizi ini memiliki potensi dalam mencegah osteoporosis. Kurma dapat memperkuat tulang dan melawan penyakit atau kondisi yang menyebabkan rapuh dan keroposnya tulang, seperti osteoporosis.

Penulis: Octavia Dwi Lestari
Editor: Indira Difa Maharani