Home Entertainment Gaya Hidup Cara Cuci Tangan yang Benar Guna Mencegah Virus Corona

Cara Cuci Tangan yang Benar Guna Mencegah Virus Corona

256
0
SHARE
Ilustrasi langkah-langkah mengenai mencuci tangan yang baik dan benar. Foto: Diamma.com/Fitri Febriyanti

Diamma.com- Penyebaran virus corona yang semakin luas disejumlah kota di Indonesia, mengharuskan semua orang untuk tetap selalu menjaga kebersihan. Mencuci tangan merupakan salah satu hal dasar terpenting dalam kehidupan untuk mencegah berbagai penyakit. Pasalnya melalui tangan, banyak penyakit yang dapat ditularkan kepada orang lain.

Selain itu, WHO dan CDC (Centers for Disease Control) menganjurkan untuk menggunakan sabun ketika ingin mencuci tangan. Walaupun hal tersebut belum tentu efektif dalam menghindari suatu penyakit atau virus, tetapi hendaknya kita perlu mengetahui langkah-langkah cara mencuci tangan yang benar.

Melansir dari Liputan6.com, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) memiliki tujuh langkah dalam mencuci tangan yang benar dan dilakukan dalam waktu 20 detik-40 detik. Hal tersebut telah dibuktikan oleh peneliti dari Glasgow Caledonian University di Skotlandia bahwa mencuci tangan dapat mencegah virus atau kuman yang masuk ke tubuh.

Berikut telah Diamma.com rangkum dari berbagai sumber mengenai langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar, simak ya !

  1. Telapak Tangan

Basahi telapak tangan Anda (ke pergelangan tangan) dengan air bersih yang mengalir. Matikan keran.

  1. Ambil Sabun

 Kemudian ambil sabun lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

  1. Telapak dan Punggung Tangan

Usap dan gosok kedua telapak tangan lakukan secara bergantian. Serta, jangan lupa untuk menggosokan busa tersebut ke punggung tangan Anda hingga ke pergelangan tangan.

  1. Sela-sela Jari dan Punggung Jari

Setelah itu, jangan lupa untuk gosok sela-sela jari-jari Anda hingga bersih dan lakukan secara bergantian. Kemudian, bersihkan punggung jari dengan gerakan saling mengunci

  1. Ibu Jari, Ujung Jari dan Pergelangan Tangan

Bersihkan kedua ibu jari dengan cara menggosok dan memutar, lakukan secara bergantian. Setelah itu, letakkan ujung jari dengan gerakan menguncup ke telapak tangan kemudian gosok perlahan serta lakukan secara bergantian. Setelah itu, bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar,

  1. Bilas Tangan

Kemudian setelah itu, diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir.

  1. Keringkan Tangan

Langkah terakhir, keringkan tangan dengan memakai handuk atau tisu.

Nah itu dia, langkah-langkah yang baik dan benar dalam mencuci tangan sesuai dengan anjuran WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan, ya Diammania karena kesehatan itu mahal.

Penulis: Rahma Angraini
Editor: Rahma Angraini