Home Entertainment Gaya Hidup Mengganggu Penampilan, Berikut 3 Bahan yang Ampuh Atasi Ketombe

Mengganggu Penampilan, Berikut 3 Bahan yang Ampuh Atasi Ketombe

197
0
SHARE

Tampil lebih percaya diri dengan kepala tanpa gatal akibat ketombe. Foto: hellosehat.com

Diamma.com– Pityriasis simplex, atau yang lebih dikenal ketombe adalah kulit mati yang mengering dan masih menempel di kepala. Rasa gatal pada kepala akibat ketombe yang mengganggu dapat menghilangkan rasa percaya diri, loh.

Malu bukan hanya harus menggaruk kepala secara terus-menerus. Apalagi kalau sampai ketombenya terlihat secara jelas oleh orang lain. Sebagian besar dari kalian tentu masih ada yang bingung bagaimana cara mengatasinya.

Nah, sekarang kalian tidak perlu lagi repot-repot melakukan segala macam cara untuk membasmi sang ketombe ini. Berikut ini terdapat 3 bahan-bahan dapur yang dapat membantu mengatasi ketombe membandel. Yuk simak!

  1. Jeruk Nipis

Bahan yang satu ini kaya akan banyak vitamin di dalamnya. Kandungan vitaminnya sangat baik untuk membantu perawatan pada rambut dan juga kulit kepala. 

Caranya mudah, yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis ke dalam air secukupnya. Setelah itu oleskan air campuran tersebut ke kulit kepala secara merata dan diamkan selama beberapa menit hingga meresap. Lalu bilas kepala hingga bersih dan keringkan.

2. Garam

Bahan satu ini tentu sangat tidak asing kan untuk kalian temui di dapur. Kaya akan manfaat, garam dapat membantu mengatasi ketombe yang mengering.

Caranya dengan mencampurkan 4 – 5 sendok garam ke dalam air hangat secukupnya. Aduk hingga larut menjadi satu. Lalu, oleskan air larutan garam tersebut ke kulit kepala dengan disertai pijatan halus. Diamkan hingga meresap selama kurang lebih 10 – 15 menit, setelah selesai bilas dengan air bersih.

3. Baking Soda

Bahan yang terakhir adalah baking soda. Dipercaya dapat mengurangi ketombe jauh lebih cepat dan secara permanen. Namun, tetap dengan pemakaian yang semestinya (tidak berlebih).

Caranya adalah campurkan ½ sdt baking soda ke dalam wadah berisi air hangat. Aduk hingga tercampur semua, lalu oleskan secara merata ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 5 menit hingga meresap seluruhnya. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

Mudah bukan bahan-bahannya? Bagi kalian yang ingin mencobanya jangan dilakukan secara terus-menerus yaa. Kalian bisa mengaplikasikannya paling tidak 2 kali dalam seminggu. Selamat mencoba!

Penulis: Wiji Adinda Putri
Editor: Indira Difa Maharani