Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Penting Kayu Manis bagi Tubuh

Manfaat Penting Kayu Manis bagi Tubuh

517
0
SHARE
Kayu Manis merupakan salah satu rempah-rempah yang ada di Indonesia kaya manfaat. Foto: Pngimage.net

Diamma.com- Indonesia memiliki kekayaan rempah-rempah yang tidak diragukan lagi. Berbagai jenis rempah-rempah yang ada di Indonesia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satu jenis rempah-rempah yang dapat kita temukan dengan mudah yaitu kayu manis. Kayu manis memiliki aroma yang sangat khas dan biasanya dimanfaatkan untuk penambah rasa dari makanan maupun minuman.

Selain dimanfaatkan pada makanan atau minuman, kayu manis juga memiliki manfaat bagus bagi kesehatan yang digunakan sebagai obat. Berikut beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan :

  1. Meredakan Gejala Flu

Pada musim dingin ataupun musim hujan biasanya tubuh akan rentan sakit. Beberapa kondisi seperti flu, demam, dan pilek bisa dengan mudah menyerang. Terlebih dengan udara yang dingin ini akan membuat kita rentan masuk angin. Untuk mencegah masuk angin dan masalah kesehatan lainnya, kita dapat mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah. Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, rempah-rempah juga akan menghangatkan tubuh.

Kayu manis dapat merangsang sirkulasi darah sehingga akan membuat tubuh lebih hangat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya cukup mudah, kita bisa mencampurkan bubuk kayu manis sebanyak 1 sendok makan dan madu 1 sendok makan dengan air hangat. Minuman ini akan membuat tubuh lebih segar dan mengurangi dingin.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang berlemak dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun, banyak orang yang tidak bisa menghindari makanan berlemak tersebut. Setelah mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak akan menyebabkan kadar lemak pada darah meningkat. Tingginya kadar lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Nah, untuk mengurangi efek buruk dari konsumsi makanan berlemak, kita mulai sekarang dapat memanfaatkan rempah seperti kunyit dan kayu manis, agar risiko penyakit jantung akan turun.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kayu manis terkenal efektif dalam menurunkan berat badan yang berlebih. Kayu manis juga dapat menurunkan kadar glukosa pada darah yang penting dalam proses menurunkan berat badan. Selain itu, kayu manis juga dapat mengontrol insulin yang akan membuat metabolisme lebih cepat.

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang akan membantu membakar penumpukan lemak pada tubuh. Untuk mendapatkan manfaat kayu manis dalam menurunkan berat badan, kita dapat mengkonsumsinya secara rutin dengan cara meminum air rebusan kayu manis yang sudah dicampurkan dengan madu.

  1. Dapat Menurunkan Kolestrol

Kayu manis memiliki kandungan kalsium, serat, dan mineral seperti mangan. Karena kandungannya tersebut kayu manis memiliki khasiat yang bagus untuk menyehatkan sistem pencernaan, usus serta mencegah penyakit jantung dan kolesterol.

Tidak hanya itu, kandungan kalsium dan serat yang terdapat pada kayu manis dapat membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah penyakit kanker usus.

Nah itu dia, beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaatnya kita harus menggunakan kayu manis jangan berlebihan, karena dapat menyebabkan efek samping yang kurang bagus bagi tubuh. Semoga bermanfaat!

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Rahma Angraini