Home Travel Destinasi Suka Mendaki ? Berikut 5 Jalur Resmi Menuju Gunung Merbabu

Suka Mendaki ? Berikut 5 Jalur Resmi Menuju Gunung Merbabu

447
0
SHARE
Pemandangan Gunung Merbabu dari Puncak Triangulasi. Foto: Anggi Balqis

Diamma.com- Merbabu merupakan salah satu gunung api yang berjenis strato atau biasa dibilang gunung api yang sudah lama tidak aktif. Gunung ini terletak di wilayah Semarang, Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah. Jika kamu sering mendaki gunung,  bisa coba dengan melalui salah satu dari 5 jalur resmi yang tersedia.

Selain itu, bagi yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, pilih jalur yang  sesuai dengan keinginan dan kemampuan kalian, ya. Berikut 5 jalur pendakian resmi Gunung Merbabu :

  1. Jalur Swanting

Jalur Swanting ini kamu akan mencapai puncak Merbabu dari sisi Barat. Jalur ini berada di dusun Swanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.

  1. Jalur Selo

Nah, jalur Selo ini bisa dibilang merupakan jalur yang paling favorit dan banyak diminati. Kebanyakan pendaki Gunung Merbabu, memulai pendakiannya dari jalur yang berada di Kabupaten Boyolali ini. Keunggulan dari via Selo ini yang paling menawan adalah pandangan sabana yang terhampar luas dan pendaki bisa berkemah di sabana itu. Kekurangan dari jalur via Selo ini adalah sulitnya sumber mata air.

  1. Jalur Wekas

Jalur Wekas ini juga termasuk jalur favorit, tetapi masih unggul jalur Selo. Keungggulan dari jalur ini adalah memiliki tempat kemah yang luas di pos II dengan sumber air yang berlimpah.

  1. Jalur Cunthel

Jalur ini berada di Dusun Cunthel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jalur ini bersatu dengan dua jalur lainnya, yakni Wekas dan Thekelan.

  1. Jalur Thekelan

Jalur pendakian ini berada di desa dan kecamatan yang sama dengan basecamp Chuntel, yaitu Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ketika melewati jalur ini Anda akan menemui spot bernama Batu Gubug. Mitosnya adalah batu ini merupakan pintu gerbang untuk menuju di mensi lain.

Itu dia 5 jalur resmi yang bisa kalian coba untuk menuju Puncak Merbabu. Jangan sampai salah jalur ya teman-teman dan tetap berhati-hati !

Penulis: Anggi Balqis
Editor: Rahma Angraini