Home Entertainment Gaya Hidup 4 Tips Mencegah Penyakit Silent Killer yang Bermanfaat Bagi Tubuh

4 Tips Mencegah Penyakit Silent Killer yang Bermanfaat Bagi Tubuh

262
0
SHARE
Ilustrasi seseorang yang sedang memegang dada sebelah kiri, karena terkena serangan jantung. Sumber: peekerhealth.com

Diamma.com- Silent Killer merupakan penyakit yang timbul tanpa adanya gejala terlebih dahulu namun sering diabaikan. Penyakit ini pada umumnya bisa diderita oleh siapa saja tanpa mengenal umur dan para penderita biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sedang sakit.

Beberapa penyakit yang dikategorikan sebagai Silent Killer, yaitu: penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan kanker. Menurut riset dari American Heart Association penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia dan belum ada yang bisa menyaingi prestasi nya. Setiap tahun 785.000 jiwa terkena serangan jantung pertamanya, 1 dari 3 jiwa mati setiap harinya akibat serangan jantung di Amerika Serikat.

Nah, inilah beberapa tips yang bisa mencegah kamu serta membantu tubuh terhindar dari penyakit Silent Killer :

  1. Olahraga secara teratur

Luangkan 30 menit dalam 1 hari atau paling tidak 5 hari dalam seminggu untuk berolahraga, seperti jogging, stretching dan workout ringan (push up dan sit up). Nah, beberapa olahraga tersebut harus dilakukan secara rutin serta jangan hanya sesekali. Beberapa indikator ketika kamu selesai berolahraga badan akan berasa lebih fresh dan nafas terasa lebih enak.

  1. Kelola pola makan yang sehat

Selain berolahraga, mengelola pola makan yang sehat juga merupakan kunci dari menghindari penyakit Silent Killer, karena apa yang masuk ke dalam tubuh kita menentukan kesehatan kita. Pola makan yang sehat juga dapat memperpanjang usia, lho.

  1. Kenali tanda serta gejala penyakit

Dengan kita mengenal serta mempelajari gejala-gejala yang ditimbulkan, maka akan lebih mudah lagi kita untuk menghindarkan dari penyakit Silent Killer, seperti penyakit jantung. Jangan selalu menganggap sepele gejala-gejala umum, seperti pusing, demam, dan meriang, karena banyak kasus ketika timbul penyakit tersebut tiba-tiba meninggal.

  1. Stop merokok

Bagi kalian para perokok, yuk mulai gerakan stop merokok, karena hal tersebut dapat menyebabkan serangan jantung dan berbagai kanker. Untuk memulainya, Anda dapat lakukan beberapa hal ini agar berhasil, seperti perbanyak Vitamin D yang dapat membantu daya tahan tubuh, minta dukungan orang sekitar dan selalu ingat alasan untuk berhenti merokok.

Nah, Itu dia beberapa cara sederhana dalam mencegah penyakit yang bersifat Silent Killer. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Penulis: Nafis Arsaputra
Editor: Rahma Angraini