Home Entertainment Gaya Hidup Sering Snooze Alarm Dapat Meningkatkan Tekanan Darah

Sering Snooze Alarm Dapat Meningkatkan Tekanan Darah

219
0
SHARE
Sering snooze alarm dapat meningkatkan tekanan darah dan berbahaya bagi tubuh. Foto: okezone.com

Diamma.com– Saat alarm berbunyi di pagi hari, kita sering menekan tombol snooze untuk tidur sedikit lebih lama lagi. Tapi ternyata kebiasaan itu bisa berdampak buruk bagi tubuh, lho.

Reena Mehra, MD, MS, Director of Sleep Disorders Research di Cleveland Clinic menjelaskan bahwa pemikiran jika kita tidur 5 menit lebih lama dapat membuat tubuh lebih segar itu salah.

Sebagian besar dari siklus tidur kita terdiri dari tidur REM, atau mimpi tidur yang merupakan keadaan tidur restorative. Jadi jika kita menekan tombol snooze alih-alih langsung terbangun, maka hal itu akan mengganggu tidur REM atau mimpi tidur.

Dilansir situs resmi Cleveland Clinic, Terganggunya tidur REM tahap akhir dapat menyebabkan respon ‘flight-flight’ yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Fakta unik lainnya, Dr Mehra mengatakan jika seseorang merasa perlu tertidur berulang-ulang dengan memencet snooze, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh tidak cukup tidur atau mungkin memiliki gangguan tidur yang mendasarinya. Pastikan tubuh mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik.

Jika kita sering menekan tombol snooze karena merasa tidak mendapat kepuasan tidur atau merasa sangat kelelahan , lebih baik hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Penulis: Dinda Ayuana Kartika
Editor: Octavia Dwi Lestari