Home Entertainment Gaya Hidup Bahaya! Hindari Kebiasaan Cek Handphone Saat Bangun Tidur

Bahaya! Hindari Kebiasaan Cek Handphone Saat Bangun Tidur

329
0
SHARE
Hindari mengecek handphone saat bangun todur karena bahaya. Foto: womentalk.com

Diamma.com- Handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Tak sedikit pula yang sudah kecanduan dengan handphone hingga selalu melihat dan membawanya setiap waktu.

Sebuah studi menemukan, 61% orang mengaku langsung mengecek ponsel saat bangun tidur. Tapi hal itu sebenarnya tidak dianjurkan, karena bisa mempengaruhi suasana hati kalian seharian. 

“Ketika kita bangun dan memeriksa ponsel kita, kita melewatkan tahap theta dan langsung menuju gelombang otak beta, yang pada dasarnya adalah tempat otak berada dalam mode stres tinggi,” jelas seorang influencer ternama dan duta kesehatan mental, Chelsea Pottenger.

Ketika bangun tidur, otak berganti dari sesuatu yang disebut gelombang delta yang berkaitan dengan tidur dalam ke gelombang theta. Pada tahapan ini, merupakan waktu yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan emosional, kreativitas, dan keterampilan memecahkan masalah, dan pada dasarnya mempersiapkan mood.

Pottenger menyarankan setidaknya kita harus menunggu delapan menit dari waktu bangun tidur, untuk dapat mengecek handphone.

Penulis: Octavia Dwi Lestari
Editor: Octavia Dwi Lestari