Home News Teknologi 5 Tips Memilih Handphone Sebelum Membeli

5 Tips Memilih Handphone Sebelum Membeli

1266
0
SHARE
5 tips agar tidak salah membeli hp baru . Foto: hipwee.com

Diamma.comHandphone (HP) saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap golongan masyarakat, karena hampir semua kebutuhan kita bisa terpenuhi. Banyak produsen yang memproduksi HP baru dengan kualitas yang bagus namun dengan harga yang murah . Akan tetapi harus lebih teliti sebelum membeli HP baru, jangan sampai HP yang anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Nah berikut ada 5 tips memilih HP sebelum anda membelinya:

  • Mulailah memlih HP dari segmen Middle end

HP yang memasuki segmen middle end adalah HP yang biasanya memiliki ram 3 GB dan ROM 3 GB. Dengan spek ini sudah cukup untuk yang berprofesi sebagai mahasiswa dengan banyak tugas, dan pekerja selalu multi tasking, karena mempunyai ruang penyimpanan besar serta otak (RAM) yang cukup mempuni. Biasa nya HP segmen middle end dijual dikisaran 2-3 juta rupiah.

  • Perhatikan prosesor yang digunakan

Ada berbagai jenis prosesor yang digunakan diberbagai merek HP, salah satunya ada intel, qualcomm, mediatek, exynos dan lain lain. Apabila kriteria pengguna HP yang sering bermain gim berat, disarankan menggunakan HP yang memiliki prosesor Qualcomm. Karena prosesor ini terkenal cepat dan kuat dalam menjalankan gim berat, lebih baik menggunakan Qualcomm snapdragon seri 600 keatas bahkan 800. Dikarenakan seri tersebut dibuat khusus untuk menjalankan aplikasi berat, salah satunya adalah COD (call of duty) mobile yang saat ini sedang digandrungi oleh generasi milenial.

  • Pilih Layar yang Besar

Disarankan untuk membeli hp dengan layar ukuran minimal 5 inch. Selain layar di bawah itu sudah jarang, layar minimal 5 inch juga sudah lebih mudah dioperasikan, terutama dalam mengetik pesan. Satu hal lain yang mesti diperhatikan adalah resolusinya, di mana resolusi layar yang digunakan setidaknya harus sudah 1080p atau full HD yang dianggap resolusi layar paling ideal saat ini.

  • Kamera

Dengan anggaran dua hingga tiga juta,  sudah banyak HP yang dilengkapi fitur dual kamera untuk meningkatkan hasil memotret. Bagi yang suka merekam video, disarankan untuk memilih hp dengan kamera sudah dilengkapi fitur OIS dan mampu merekam video berkualitas 4K.

  • Carilah referensi sebelum memilih

Disarankan untuk melihat refrensi HP agar bisa membeli sesuai kebutuhan. Apabila ingin yang cocok untuk kebutuhan, disarankan untuk membuka gsmarena.com atau lewat youtube.com. Karena dua situs tersebut banyak membahas HP-HP terbaru yang dijual di pasaran.

Nah itulah 5 tips memlilih HP sebelum anda membelimya, semoga tips ini bisa bermanfaat.

Penulis: Rayhan Rasjma
Editor: Octavia Dwi Lestari