Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

1366
0
SHARE
Keutamaan Berwudhu sebelum tidur. Foto: gulalives.co

Diamma.com- Wudhu merupakan hal yang sangat dekat dengan umat Muslim, sebab menjadi salah satu cara untuk bersuci saat akan menunaikan ibadah dalam Agama Islam.


Tahukah Anda bahwa anjuran berwudhu bukan saja diperintahkan hanya untuk melakukan salat maupun ibadah lainnya dalam Islam. Sebisa mungkin, wudhu sebaiknya dilakukan kapan pun dan dimana pun bahkan ketika seseorang tak akan mendirikan ibadah sekalipun.

Sebagaimana seperti yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu berwudhu sebelum tidur. Dalam hadist nya ia bersabda:


Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibnu Hibban 3/329).

Dikutip dari okezone.com, dari semua yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentu memiliki manfaat bagi manusia. Merangkum dari berbagai sumber, mengenai perintah berwudhu sebelum tidur yang diperintahkan Rasulullah SAW ternyata berwudhu sebelum tidur memiliki manfaat bagi kesehatan.


Seorang Dekan Fakultas THT, Universitas Alexandria, Dr Musthafa Syahatah menyebut bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu sehingga kulit menjadi bersih. Kulit yang bersih akan melindungi seseorang dari berbagai penyakit.

Tak hanya akan membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak, berwudhu sebelum tidur juga akan membuat kamu mendapatkan berkah dari Allah SWT yang lebih banyak. Nah, bagi kita semua yang beragama muslim dan beriman, usahakan untuk selalu menjaga wudhu kita dan usahakan pula untuk melakukan wudhu sebelum tidur. Jangan lupa!

Penulis: Liza Luai’ati Niswah
Editor: Octavia Dwi Lestari