Home Entertainment Gaya Hidup Ingin Mengganti Velg Mobil? Perhatikan Tips Berikut Ini

Ingin Mengganti Velg Mobil? Perhatikan Tips Berikut Ini

544
0
SHARE
Velg aftermarket yang dijual dipasaran. Foto: belalangcerewet.com

Diamma.com-Penggemar otomotif terutama yang sering menggonta ganti velg mobilnya dengan diameter yang lebih besar pasti seringkali mengalami kendala saat proses pemasangan. Terlebih ukuran velg yang digunakan sudah tidak lagi standar dengan pabrikan. Banyak orang melakukan hal itu untuk mempercantik mobil atau ingin membuat penampilan mobil tampak lebih gagah.

Sebetulnya Anda perlu berpikir dua kali sebelum menggunakan velg berukuran besar. Pasalnya, pemakaian velg besar dan tapak ban lebar berpotensi merusak ball joint, tie rod, dan bearing roda.

Berikut tips mengganti ukuran velg dan ban yang sesuai:

  • Sesuaikan Ukuran Ban Dengan Tenaga

Sebelum mengganti velg dan ban dengan diameter yang lebih besar, sebaiknya pemilik mobil memperhatikan rekomedasi dari pabrikan. Biasanya produsen menyarankan ban pengganti memiliki ukuran yang lebih besar tidak melebihi 2 inci dari ukuran standar pabrik.

  • Pilah dan Pilih Velg

Para pecinta dunia modifikasi pastinya akrab dengan istilah one, two atau three. Artinya, penambahan ukuran velg pengganti bertambah satu inci, dua inci, atau tiga inci. Ukuran yang paling ideal jika ingin mengganti velg adalah plus one. Artinya, bila ukuran velg yang digunakan sebelumnya 15 atau 16 inci dan seterusnya, maka ukuran velg yang ideal untuk dipilih adalah 16 atau 17 inci dan seterusnya yang bertambah satu inci.

  • Sesuaikan Ketebalan dan Lebar Ban Dengan Velg

Hal lain yang patut diingat adalah setiap penambahan ukuran velg 1 inci, maka tebal ban harus dikurangi 5-10 persen dari ukuran standar. Adapun lebar tapak ban harus berkurang 10 milimeter.

  • Ganti Shock dan Gunakan Anti Roll Bar

Jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna, memuaskan dan tetap nyaman dalam mengemudi, hendaknya ganti shock dan spring dengan ukuran yang lebih pendek. Supaya pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman dalam berkendara dan mobil terhindar dari risiko terguling.

Penulis: Suryo Hardiantoro
Editor: Octavia Dwi Lestari