Home Entertainment Gaya Hidup 6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Pancaroba

6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Pancaroba

413
0
SHARE
Jaga Kesehatan tubuh di musim pancaroba. Foto: happyfresh.id

Diamma.com – Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa. Rata – rata negara yang memiliki iklim tropis akan melalui dua musim yakni, musim panas dan penghujan.

Musim penghujan biasanya terjadi pada bulan September-Februari dan musim panas terjadi pada bulan Maret-Agustus. Saat ini sulit sekali untuk memprediksi kapan akan terjadinya musim panas dan pengujan, karena terjadi perubahan iklim yang menjadikan musim sulit diprediksi.

Perubahan musim ini menyebabkan perubahan pula pada tubuh manusia, tak jarang banyak ditemukan orang yang mengalami sakit. Berikut ini adalah enam tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh pada saat musim pancaroba:

  1. Konsumsi makanan yang bergizi. Kamu perlu memperhatikan makanan yang disantap, dengan memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setiap hari, sehingga kekebalan tubuhmu terjaga, kamu dapat mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin secara rutin, serta menghindari makanan cepat saji yang berlemak.
  2. Pastikan asupan cairan tubuh terjaga. Kamu dapat mengonsumsi cairan harian dengan tepat, jangan sampai tubuhmu kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Pastikan kamu meminum delapan gelas air mineral setiap hari, lalu hindari minuman dengan kandungan soda, gula serta kafein yang tinggi.
  3. Berolahraga secara rutin. Meskipun kamu mengalami kesibukan, tetapi kamu dapat memanfaatkan waktu luang untuk rutin berolahraga. Biasakan untuk olahraga saat pagi hari, minimal 30 menit agar kekebalan tubuh tetap terjaga dan tubuh akan terasa bugar.
  4. Istirahat yang cukup. Pastikan kamu tidak melupakan waktu istirahat setelah seharian menjalankan aktivitas. Tidur minimal delapan jam per hari, karena saat kamu tidur tubuh akan meregenerasi seluruh sel yang ada. Bila kamu kurang tidur maka proses regenerasi tidak akan berjalan dengan baik, selain itu tubuh akan cepat merasa lelah, kurang bersemangat serta mudah terserang penyakit.
  5. Menjaga kebersihan lingkungan. Perhatikan lingkungan sekitar mu dan biasakan untuk hidup bersih dan sehat. Bila masih ada sampah, segera bersihkan. Jangan lupa untuk memastikan tidak ada genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk. Kondisi lingkungan yang kotor menjadi tempat utama tumbuhnya virus dan bakteri yang menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit.
  6. Sediakan payung atau jas hujan, topi serta baju hangat. Hujan yang turun tak menentu tentu membuat kita khawatir. Maka, sediakanlah payung, jas hujan topi serta baju hangat agar kamu tetap dapat beraktivitas meski pun hujan turun dengan deras dan cuaca dingin.

Nah itulah enam tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kondisi tubuhmu agar tetap sehat dan bugar, serta dapat beraktivitas dengan lancar saat musim pancaroba seperti ini.

Penulis: Berthy Johnry
Editor: Gadis Ayu Maharani