Home Entertainment Gaya Hidup Manfaat Konsumsi Air Putih Setelah Bangun Tidur Bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Air Putih Setelah Bangun Tidur Bagi Kesehatan

660
0
SHARE
Mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur baik untuk kesehatan tubuh. Foto: tookaplc

Diamma.com-Semua makhluk hidup pasti membutuhkan air. Salah satu manfaat air adalah untuk memuaskan dahaga, tetapi masih banyak orang yang mengabaikan akan jutaan manfaat mengkonsumsi air putih.

70-80% tubuh setiap manusia terdiri dari air. Apabila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan terganggu dan memberikan konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka penjang yang negatif.

Jika mengabaikan mengkonsumsi  air putih maka akan mengakibatkan dehidrasi yang berkepanjangan misalnya, dapat menyebabkan migran, hipertensi, obesitas, wasir, tuberkulosis paru, batu ginjal, dan hingga kanker rahim.

Agar tubuh terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya tersebut bantulah lengkapi kebutuhan air dalam tubuh, dengan banyak mengkonsumsi air putih.

Manfaat mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur, seperti yang dilansir dari laman kompas.com memiliki banyak manfaat yaitu diantaranya:

 

  1. Membantu menghilangkan racun dalam tubuh

Proses detoksifikasi, di mana pada malam hari tubuh akan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Pada saat minum air pada waktu perut kosong di pagi hari akan menghilangkan racun berbahaya dan membuat tubuh terasa lebih segar.

 

  1. Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme Anda setidaknya 24%. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik. Anda akan bisa mengikuti rutinitas diet Anda lebih mudah jika pencernaan Anda lebih cepat menyerap nutrisi.

 

  1. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Saat Anda minum air putih di pagi hari ketika perut kosong, Anda akan melepaskan semua racun dan ini akan memperbaiki sistem pencernaan Anda. Anda akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat Anda untuk makan akan berkurang. Hal ini akan mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.

 

  1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut. Bagi penderita sakit maag, yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan Anda. Namun, saat Anda minum air putih dengan perut kosong, asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung Anda naik.

Jagalah pola hidup sehat dan awali hari dengan perbanyak konsumsi air putih untuk kesehatan dan metabolisme tubuh yang baik.

Penulis: Angelina Tri Maulidina
Editor: Octavia Dwi Lestari