Home Entertainment Fenomena YouTuber Berpenghasilan Ratusan Juta

Fenomena YouTuber Berpenghasilan Ratusan Juta

829
0
SHARE
YouTuber Atta Halilintar. Foto: instagram.com/attahalilintar

Diamma.com– Pengguna media sosial di era digital kini kian meningkat, terlebih mereka yang kini menggunakan YouTube acap kali membuat konten-konten yang menarik bagi para subscribersnya. Hal ini dikarenakan penghasilan menjanjikan apabila anda menjadi seorang YouTuber.

Di Indonesia sendiri, sejumlah nama besar lahir karena adanya YouTube, dua diantaranya adalah Atta Halilintar dan Ria Ricis yang kini memiliki jutaan subscribers di channel YouTubenya.

Atta Halilintar sendiri kini telah memiliki 11 juta subscribers dan merupakan satu-satunya channel YouTube terbesar se-Asia Tenggara.

Social Blade memprediksi bahwa channel YouTube Atta sedikitnya mampu menghasilkan sedikitnya Rp 256 juta hingga Rp 4,1 miliar per 10 November 2018.

Namun hal tersebut dibantah oleh Atta, dilansir dari kumparan.com, menurutnya estimasi penghasilan dari Social Blade itu terlalu berlebihan. Meski demikian, angka minimum dari Social Blade tersebut lebih mendekati penghasilan sebenarnya, yakni berkisar Rp 250 juta.

“Sebenarnya kalau itu rahasia ya. Tapi, bisa jadi. Jangan anggap yang terbesar. Dia (penghasilan) lebih dekat dari yang terkecil,” kata Atta.

Atta pun menambahkan awal pendapatannya di YouTube dihasilkan tidak secara instan. Ia mengungkapkan pada saat memiliki 500 subscribers, pendapatannya hanya berkisar 1,5 juta per bulan.

“Diawali oleh kamera handphone dari camera action yang harganya 900 ribu. Dari alat editing yang minjem sampai beli laptop murah. Sampai sekarang bisa beli komputer yang canggih. Semuanya itu proses, tidak ada yang instan,” katanya.

Fenomena ini menjadi hal menarik karena mulai ramainya YouTuber baru, serta penghasilan yang menggiurkan tiap bulannya.

Penulis: Suryo Hardiantoro
Editor: Octavia Dwi Lestari