Home News Nasional Jumlah Pembaca Menurun, Harian Bernas Berhenti Terbit

Jumlah Pembaca Menurun, Harian Bernas Berhenti Terbit

1196
0
SHARE
Salah satu terbitan cetak dari Harian Surat Kabar Bernas. Foto: ebooks.gramedia.com

Diamma.com- Surat kabar Bernas yang berdomisili di Yogyakarta memutuskan untuk menghentikan penerbitannya setelah 71 tahun berdiri.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama PT Media Bernas Jogja seperti dikutip dari laman kumparan.com pada Rabu (28/2/2018).

“Dengan sangat berat kami memutuskan untuk berhenti terbit terhitung mulai 1 Maret 2018,” ujar Putu Putrayasa.

Putu mengungkapkan alasan Bernas memilih untuk menghentikan penerbitannya karena biaya produksi yang terus meningkat namun jumlah pembaca dan pendapatan iklan yang stagnan, bahkan cenderung menurun.

“Hal ini kami lakukan karena di satu sisi biaya produksi terus meningkat, sementara di sisi lain jumlah pembaca dan pendapatan iklan stagnan bahkan cenderung menurun,” ungkap Putu.

Namun, pembaca setia Harian Bernas tidak perlu kecewa. Meskipun Harian Bernas tidak lagi terbit dalam versi cetak, pembaca masih dapat mengakses berita di media online Bernas.id.

Hal ini merupakan upaya Bernas untuk tetap mempertahankan dan melestarikan nama Bernas yang sudah dikenal masyarakat.

“Kalau pun versi cetak sudah berhenti, namun versi online harus tetap jalan dan dipertahankan untuk melestarikan nama Bernas. Sebab bagaimana pun nama bernas sudah dikenal luas dan telah menjadi bagian dari perjuangan bangsa ini sejak awal kemerdekaan,” kata Tedy Kartiyadi, Manajer Sirkulasi Harian Bernas.

Penulis : Asri Muspita Sari
Editor : Siti Nurmayani Putri

(Dilansir dari beberapa sumber)