Home News Mantan Penjaga Keamanan Terpilih Menjadi Presiden

Mantan Penjaga Keamanan Terpilih Menjadi Presiden

714
0
SHARE

presiden-gambiaDiamma.com – Siapa yang mengira mantan penjaga keamanan atau biasa disebut satpam, disebuah toko perlengkapan rumah tangga di Inggris terpilih menjadi orang nomor satu di Gambia.

Adama Borrow yang lahir di satu desa  tepi sungai Gambia terpilih menjadi presiden. Setelah komisi pemilihan mengumumkan bahwa barrow meraih 263.215 suara. Sedangkan presiden petahanan Yahya Jammeh mendapatkan 212.099 dan Mama Kandeh meraih 102.969. Seperti dikutip bbc.com pada hari senin (6/12/12).

Barrow mengaku ia tidak malu akan masa lalu-nya yang pernah bekerja sebagai satpam di Inggris. “Hidup adalah proses. Kehidupan di Inggris membantu membentuk kepribadian saya.” Ucapnya.

Latar belakang Barrow sebagai warga biasa dan pengusaha swasta, yang tidak mempunyai masalah politik dimasa lalunya membuat masyarakat Gambia mempercayakan hak suaranya kepada pria berusia 51 tahun itu.

Barrow berjanji akan menerapkan sejumlah reformasi dan membuka lembaran baru bagi warga Gambia. setelah resmi diambil sumpah sebagai presiden di negara yang dikenal sebagai salah satu negara termiskin di Afrika.

Ia mengatakan dirinya akan berkuasa selama tiga tahun dan memberi kesempatan kepada yang lain untuk menjadi presiden di negara tersebut.

Gambia merupakan salah satu negara di Afrika Barat, merdeka pada tahun 1965 dan sampai saat ini hanya ada 2  presiden yang pernah menjabat negeri itu

 

 

Penulis : Muhammad Taufiq Wicaksono / Foto : bostonglobe.com

Editor : Noviani W

Dilansir Dari Berbagai Sumber