Home Kampus Moestopo Rencanakan Program Pertukaran Mahasiswa Luar Negeri

Moestopo Rencanakan Program Pertukaran Mahasiswa Luar Negeri

942
0
SHARE

untitled-2-1024x1024Diamma.com -Beberapa waktu yang lalu, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Bergama) kedatangan tamu dari International College ICUTK Rajamagala University of Technology Krungthep (Bangkok) pada Rabu (9/11/16). Dia adalah Dr. Tubagus Ahmad Djarot, Ia merupakan orang Indonesia yang mengajar di Rajamagala Univeristy of Technology Krungthep, sekaligus diamanatkan untuk memperluas jaringan kerjasama.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas kerjasama antara Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dengan pihak Rajamagala Univeristy of Technology Krungthep.

“Dr. Tubagus menyampaikan keinginannya untuk menjalin kerjasama antara pihak Moestopo dan Rajamagala University of Technology Krungthep untuk saling bertukar mahasiswa atau dosen,” ujar Mediana Handayani selaku Kepala Biro Kerjasama dan Pengembangan UPDM(B).

Apabila dilihat, universitas dari Thailand tersebut lebih fokus kepada teknologi dan tidak semua fakultas di UPDM(B) dapat mengirimkan mahasiswa atau dosennya kesana, seperti FKG.

“Pak Tubagus menekankan jangan melihat ada tidaknya fakultas tapi kita lihat dari matakuliah nya. Masih ada fakultas-fakultas lain yang dapat memanfaatkan kerjasama ini,” ujar Mediana.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Mediana, disana terdapat kekhususan seperti perhotelan dan pariwisata, tentunya ada matakuliah yang berhubungan dengan komunikasi, dan Moestopo punya Fakultas Ilmu Komunikasi. Sehingga tidak ‘kaku’ apabila pihak UPDM(B) mengirim mahasiswa dan dosennya untuk belajar serta mengajar matakuliah tertentu disana.

Pihak UPDM(B) tidak hanya ingin mengirimkan mahasiswa dan dosen, namun juga harus ada timbal baliknya, Dan semua itu masih dalam tahap proses.

“Progress dari kerjasama ini baru sampai pada tahap penjajakan apakah kampus kita sudah siap untuk membuat suatu program kerjasama kedepannya akan seperti apa. Karena kerjasama itu kan harus mutual dan saling menguntungkan,” tutupnya.

Reporter : Asri Muspita S / Foto : mdu-thailand.org

Editor : Noviani W