Home Kampus Pertama Kali, Penilaian Akreditasi Institusi di UPDM(B)

Pertama Kali, Penilaian Akreditasi Institusi di UPDM(B)

807
0
SHARE

IMG-20150224-WA0006Diamma.com – Untuk pertama kalinya, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) kedatangan Tim yang akan melakukan akreditasi institusi secara keseluruhan. Tim tersebut ialah Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim yang berisi Ali Ibrahim Hasyim (UNILA), Nurachman Hanafi (UNRAM), dan Ahmad Yani Anshori (UIN Yogyakarta) tersebut mendatangi UPDM(B) pada hari Senin-Selasa, 23-24 Februari 2015 di kampus Hang Lekir, Jakarta Pusat.

Berbeda dari biasanya dimana Tim Asesor BAN-PT hanya menilai masing-masing prodi di setiap fakultas dan lebih mengarah ke operasionalnya. Namun kali ini, penilaian dilihat dari rata-rata seluruh prodi yang ada di UPDM(B) yaitu sebanyak sembilan prodi. “Penilaian akreditasi institusi ini rata-rata dari semua prodi yang ada. Total prodi di kampus UPDM(B) ada sembilan,” ujar Sumarhadi selaku Wakil Rektor I UPDM(B).

Dalam penilaian akreditasi universitas tersebut, terdapat 140 nilai yang terbagi menjadi tujuh standar. Salah satu standar itu adalah visi misi dari kampus UPDM(B). Ketujuh standar tersebut akan dibuktikan dalam dokumen seperti absensi mahasiswa dalam menghadiri perkuliahan.

Demi mempertahankan akreditasi yang sudah di dapat, pihak UPDM(B) pun melakukan persiapan seperti perbaikan sarana prasarana, pengecatan gedung, dll. Mynda salah satu mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UPDM(B) berharap dengan adanya kedatangan dari tim akreditasi tersebut, nilai saing UPDM(B) dengan kampus lain menjadi semakin bagus. Kerja sama antara dosen dan mahasiswa juga dibutuhkan untuk kemajuan UPDM(B). “Dosen dan mahasiswa harus sama-sama aktif, jadi semuanya bisa siap, akreditasi lebih bagus lagi,” tuturnya.

 

Reporter : Nur Silmi Istiqomah / Fotografer : Ledya Maulidina S

Editor : Ledya Maulidina S