Home News Kroasia Resmi Miliki Presiden Perempuan Pertama

Kroasia Resmi Miliki Presiden Perempuan Pertama

787
0
SHARE

Grabar-Kitarovic-predvodit-ce-HDZ-na-euroizborima_ca_largeDiamma.com – Kolinda Grabar-Kitarović resmi menjadi presiden terpilih di pemilu Kroasia pada Minggu (12/01/15). Hal tersebut menjadikan wanita 46 tahun ini menjadi presiden perempuan pertama di Kroasia. Kolinda berhasil memperoleh 50,5% suara dibanding lawannya. Ivo Josipovic yang saat ini masih menjabat sebagai presiden Kroasia meraih 49,5% suara.

Kemenangan Kolinda merupakan indikator bahwa Kroasia dapat bergeser ke sayap kanan setelah kegagalan koalisi kiri-tengah untuk mengakhiri penurunan ekonomi selama enam tahun terakhir dengan tingkat pengangguran sebesar 20%. Menanggapi hal tersebut, Kolinda mengungkapkan dirinya tidak membiarkan siapapun berkata bahwa Kroasia tidak akan makmur dan kaya. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kroasia agar dapat bekerja sama dengan baik untuk kemajuan negaranya.

Kolinda Grabar- Kitarovic sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Kroasia dan juga asisten sekretaris jenderal NATO. “Sebuah pekerjaan yang sulit menanti kita. Mari kita bersatu . Mari kita bersatu patriotisme kita , cinta dan iman di tanah air Kroasia kami,” ujarnya saat memberikan sambutan. Grabar-Kitarović juga menambahkan bahwa ia menyarankan kembali ke politik nasionalis yang didominasi Kroasia dalam pembubaran pasca perang Yugoslavia.

 

Reporter : Hana Nur Fadhilah / Foto : google

Editor : Kardina Chairunnisa

(dikutip dari berbagai sumber)