Home Entertainment Gaya Hidup Tips Atasi Kecanduan Media Sosial

Tips Atasi Kecanduan Media Sosial

792
0
SHARE

social_mediaDiamma.com – Kalimat “menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh” sangatlah cocok bila menggambarkan para pengguna berbagai media sosial, yang didukung dengan munculnya berbagai produk ponsel pintar murah di era digitalisasi ini.

Menurut hasil riset, pengguna Facebook tembus hingga sekitar 1,9 Milliar di tahun 2013 lalu sebagai media sosial yang paling banyak digunakan dan membuat penggunanya kecanduan. Sebagai contoh, kalangan remaja banyak melakukan kegiatan online di Facebook, seperti mengupdate status atau foto, chatting dengan teman, berjualan, dan bermain games

Hal tersebut yang dapat memicu candu terhadap teknologi atau yang dibiasa disebut dengan gadget freak yang terus-menerus membuka media sosial hingga menyita waktu istirahat mereka.

Berikut beberapa tips yang dapat mengatasi kecanduan media sosial :

1. Buatlah pengakuan jika kita memiliki masalah. Meski tampaknya sulit, jika hal ini dilakukan maka akan mengubah pola pikir kita menuju ke suatu perubahan.

2. Buatlah daftar alasan kita untuk tidak menempatkan media sosial sebagai prioritas utama. Jika kita merasa bosan atau tidak nyaman dengan lingkungan, carilah kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

3. Menyeimbangkan media sosial dengan interaksi sosial. Menjauh dari layar komputer atau perangkat elektronik lainnya, kemudia berjumpa dengan kerabat atau teman merupakan cara yang baik untuk mengurangi penggunaan media sosial.

4. Buatlah batas waktu menggunakan media sosial. Jika berhasil menyesuaikan dengan batas waktu yang telah ditentukan artinya kita berhasil menghindari kecanduan media sosial.

 

Reporter : Gabrielly Andini / Foto : google

Editor : Rachma Putri Utami