Home Sorot Bazar yang Berbeda Oleh Komunitas Ruang Rupa

Bazar yang Berbeda Oleh Komunitas Ruang Rupa

1031
0
SHARE
Suasana Keramaian Acara Holy Market di Ruang Rupa, Jalan Tebet Timur Dalam No.6, Jakarta Selatan
Suasana Keramaian Acara Holy Market di Ruang Rupa, Jalan Tebet Timur Dalam No.6, Jakarta Selatan

Diamma.com – Bazar yang biasa di gelar dengan tempat dan lokasi yang strategis, namun tampak berbeda dengan bazar yang dilakukan oleh komunitas yang dinamakan Ruang Rupa yaitu Holy Market.

Bertempat di jalan Tebet Timur Dalam Raya no 6, Jakarta Selatan, ruang rupa menggelar  Holy Market “Dengan Semangat Holy Kita Market”, pada tanggal 3-4 Agustus 2013 pukul 15.00-22.00 WIB.

Acara bazar ini sudah dimulai dari tahun 2010 dan tahun ini sudah ke empat digelar. Holy market memiliki konsep sederhana dan penjual yang mengisi acara ini pun, hanya teman-teman dari ruang rupa yang memiliki art-works, t-shirt, pernak pernik unik dll. Namun acara ini dibuka untuk umum agar masyarakat lain bisa ikut berpartisipasi.

Ajeng Nurul Aini, yang merupakan manager dari Ruang Rupa mengatakan bahwa holy market setiap tahunnya mengalami peningkatan pengunjung. “Awalnya sih gak se-rame ini, mungkin karna kita coba ada pengisi acara yang kita undang band atau temen buat nge-DJ gitu, kalo dulu gak ada,” ucap wanita berambut pendek ini.

Salah satu pengisi acara di Holymarket pada hari pertama adalah Dendang Belantara, seorang anak kecil berusia 12 tahun yang pandai bermain piano. Pada hari kedua ada Pandai Besi, L’Alphalpha dan BITE.

Ahmad Salfan, salah satu pengunjung Holy market mengatakan, acara ini cukup kreatif dan keren untuk ajang anak muda berkreasi, dan kedepannya tetap seperti saja.

Ajeng pun berharap, agar kedepannya para penjual dan pembeli bisa senang dengan acara ini.

Ruang Rupa itu sendiri merupakan suatu organinasi budaya seni rupa kontemporer, yang memiliki fokus untuk isu-isu perkotaan. Adapun kegiatan yang dimiliki komunitas tersebut antara lain seperti workshop, pameran dan festival salah satunya seperti Jakarta 320c.

Organisasi budaya ini juga  memiliki 4 divisi salah satunya art lab, yang memiliki project misalnya dengan tema transaksi, dan dituangkan melalui acara Lonely Market.

Acara ini merupakan salah satu hasil dari tema tersebut yaitu pasar. Kelanjutan dari Lonelymarket adalah Holymarket, yang diadakan setahun 2 kali pada waktu menjelang natal dan ramadhan.

Reporter: Rachma Putri Utami & Achmad Rafiq / Fotografer: Achmad Rafiq

Editor : Tio Raja Sulaiman