Home News Akhirnya Ruang Terbuka Hijauku Kembali Lagi

Akhirnya Ruang Terbuka Hijauku Kembali Lagi

851
0
SHARE
Pintu masuk Taman Langsat

Bersyukurlah kita semua, masih ada sekelompok penggerak, yang telah mengembalikan ruang terbuka hijau. Dan semua ini tentunya dilakukan hanya untuk kita semua.

Diamma.com Peranan ruang terbuka hijau sangatlah penting, mengingat udara kota Jakarta tidak segar lagi, polusi seakan tidak memberikan tempat bagi kita semua. Atas peranan Hidden Park, Taman Langsat yang berlokasi di Jln. Barito, Jakarta. ini telah aktif kembali pada Sabtu, (03/11), yang diresmikan oleh menteri pekerjaan umum.

HiddenPark ialah sebuah kampanye kreatif pengaktifan taman kota Jakarta yang tidak banyak dikenal publik. Orang-orang yang membantu bisa dari kalangan mana saja. Namun untuk memanage, ini semua dilakukan oleh Leafe Plus, sebuah perusahaan yang bergerak sebagai konsultan komunikasi lingkungan, dan beberapa rekanan lainnya.

HiddenPark juga merupakan sebuah inisiatif untuk kembali mengaktifkan keberadaan dan fungsi taman kota, dengan mengoptimalkan taman kota melalui kontribusi dari teman-tema sektor swasta, penggalangan energi komunitas,  serta dengan kegiatan-kegiatan lain yang menarik namun sarat dengan nilai hiburan dan edukasi yang tinggi.

Seperti kata salah satu pengurus HiddenPark, ini baru project awal, dan akan mengaktivasi taman-taman lain yang berpotensi di Jakarta. Sedangkan persiapan untuk pengaktivasian Taman Langsat telah dibuat sejak lama, namun masih ragu bagaimana mengeksekusinya. Akhirnya eksekusi dimulai dari dua bulan yang lalu, seperti mencari sponsor, dan menjalin kerjasama dengan komunitas-komunitas dan Pemda DKI.

“Untuk selanjutnya, setelah acara yang dilaksanakan selama satu bulan ini selesai, semoga tidak hanya Leafe Plus yang bergerak, namun masyarakat juga harus turun tangan untuk, mengelola, maintanance, dari mereka untuk mereka, agar kehidupan masyarakat disekitar taman bisa lebih sehat,” ujar salah satu pengurus.

Pria berkacamata ini menambahkan, bahwa acara ini non-profit, dana yang didapat dari sponsor. Sedangkan sponsor membantu mengurus perizinan ke Pemda DKI Jakarta. Tidak hanya itu, sponsor juga membantu perbaikan peralatan taman yang rusak seperti jembatan, menambah tempat sampah, bangku taman.

“Tugas utama kami ialah menghapus diplomasi-diplomasi yang ada, seperti ingin memakai taman harus bayar, sedangkan kita tahu bahwa taman itu milik umum. Sepertihalnya kita ingin menggunakan teras rumah sendiri, tapi harus diminta bayaran oleh satpam kita sendiri,” katanya.

Mengapa Taman Langsat?

Taman Langsat dahulunya merupakan taman yang diperuntukan untuk para lansia, salah satu buktinya adanya track refleksi yang terdapat di dalam taman tersebut. Tidak banyak yang tahu, mengenai taman ini. Namun semenjak dibuka kembali, taman ini diperuntukan bagi siapa saja.

Community Manager HiddenPark mengungkapkan baru mengetahui adanya keberadaan taman yang memiliki luas 3,5 hektar ini. “Saya juga baru tahu ada taman langsat yang sebesar ini. Kami diberikan referensi beberapa taman dari kementerian Pekerjaan Umum, Dinas Pertamanan. Dan akhirnya project awal jatuh kepada taman ini.”

Wanita ini mengaku, after event kami akan merevitalisasi lapangan yang ada di dalam taman, dilanjutkan dengan pemasangan WiFi.

 

Reporter: Frieska & Rafiq.

Editor: Tri Susanto.