Home Kampus Persiapan Orientasi Fikom sudah mencapai 70%

Persiapan Orientasi Fikom sudah mencapai 70%

741
0
SHARE

Diamma.com – Pengukuhan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unversitas Prof. Dr. Moestopo (Bergama) yang diberi nama Orintasi Fikom 2012 akan segera dilaksanakan pada tanggal 14-16 September 2012. Lalu bagaimana dengan persiapanya ?

Janur Pedoman, Fikom 2009 salah satu Orginizer Concept orientasi Fikom 2012 yang di temui diamma.com Senin (03/08), mengatakan sekitar 70% persiapan Orientasi sudah dilakukan. Itu mencangkup bagian teknis seperti rundown acara yang sudah siap dan untuk tempatnya berada di Vila Datukpakin, Cilember Puncak.

“Kalau tidak ada halangan dua hari lagi MoU kontrak vila akan di tandatangani dari pihak fakultas,” Ungkap Janur.

Untuk sosialisasi yang digalangkan panitia masih mengguankan cara yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu kunjungan dari kelas ke kelas. Sedangkan untuk target pesertanya panitia mematok minimal 250 mahasiwa yang akan ikut dalam acaratahun ini.

“Mahasiswa baru sangat antusias untuk mengikuti orientasi. hal ini dapat dilihat dari jumlah kelompok yang mencapai 21 kelompok dengan setiap kelompoknya ada 20 orang,” jelasnya.

Sedangkan untuk meyakinkan mahasiwa baru yang akan mengikuti Orientasi, ia mengungkapakan bahwa sebelum masa orientasi, mahasiswa baru akan di briefing sekitar tiga sampai empat kali untuk dibekali materi-materi seputar latar belakang kampus, kelembagaan kampus dan lainya. Agar setibanya disana mereka tidak kosong dalam pembekalan materi.

“Saat proses briefing kita selalu membawa suasana lebih fun agar mahasiswa baru tidak tegang dan tidak ragu untuk mengenal serta bertanya lebih persuasif kepada seniornya,” tambahnya.

Mahasiswa yang menjabat sekretaris Senat Fikom ini juga menjelaskan, bahwa pengukuhan ini bukan semacam ospek yang menjadi momok menakutkan mahasiswa baru, tetapi orientasi yang menggunakan cara yang berbeda dalam pengenalan kampus.

Disisi lain untuk meyakinkan para wali mahasiswa, pihak panitia menyediakan surat izin dan persetujuan dengan tujuan menjaga keselamatan peserta nantinya.

Sedikit bocoran acara, Janur mengungkapkan dalam Orientasi tahun ini akan ada kegiatan untuk membangun mental mahasiswa, karena mereka adalah agent of change (agen perubahan), outbond dan juga penjelasan ketiga konsentrasi studi di Fikom. “Untuk yang lainya masih rahasia,” ucapnya.

Saat ditanya tujuan dari orientasi tahun ini, dengan tegas Janur mengatakan untuk menjadikan mahasiswa Fikom yang tadinya apatis menjadi kritis dalam segala hal, sehingga tertarik dengan kelembagaan kampus.

 

Reporter : Nadia dan Aslan La Ode. Fotografer : Nadia

Editor: Frieska M.