Home Entertainment Gaya Hidup Khasiat Sarang Semut

Khasiat Sarang Semut

924
0
SHARE
Sarang Semut yang memiliki banyak khasiat

Diamma.com – Didalam kehidupan kita sering melihat semut, banyak sekali sepesies semut yang ada di bumi ini selain itu semut membuat sarang ditanah maupun dedaunan. Akan tetapi semut mambawa masalah bagai setiap rumah karena serangga kecil ini memakan makanan yang ada dimeja makan. Walau semut menjadi masalah sarangnya sangat bermanfaat bagai manusia.

Jamu sarang semut (Mymecodle Jack) merupakan ramuan tradisional yang berasal dari Papua, Nono seorang pembudidaya semut menjelaskan ramuan ini terbuat dari tumbuhan (epifit), sarang semut biasanya menempel di pohon-pohon besar dibagian bawah batang, batangnya menggelembung berisi rongga-rongga yang memang disediakan sebagai sarang semut jenis tertentu untuk dikelola menjadi obat (srangnya).

Sarang semut mengandung senyawa aktif antioksidan (Tokoferol dan Fenoilk) dan kaya akan  mineral penting seperti Kalsium (Ce), Natrium (Na), Kalium (K), Seng (Zn), Besi (Fe), Fosfor (F), dan Magnesium (Mg). Sarang semut juga mengandung Flavonoid yang berguna sebagai anti oksidan sehingga baik untuk mencegah dan membantu mengobati kanker, melindungi struktur sel, meningkatkan efektivitas vitamin C, dan sebagai Antibiotik.

Adapun khasiat yang diperoleh dari sarang semut dan membantu mengobati penyakit diantaranya :

1.       Berbagai jenis kanker dan tumor seperti kanker otak, hidung, lever, paru-paru, rahim, kulit dan kanker darah (leukemia).

2.       Penyakit gangguan jantung.

3.       Lupus.

4.       Stroke ringan dan berat.

5.       Menghilangkan benjolan-benjolan pada payudara.

6.       TBC/ paru-paru.

7.       Gangguan ginjal dan prostat.

8.       Alergi hidung, bersin-bersin dipagi hari dan mimisan.

9.       Sakit maag dan mual mual.

10.   Ambeien (wasir).

11.   Migraen (sakit kepala sebelah).

12.   Reumatik dan asam urat.

13.   Melancarkan air susu ibu (ASI).

14.   Melancarkan peredaran darah, pegal linu dan nyeri otot.

15.   Memperbaiki dan meningkatkan stamina tubuh.

16.   Hipertensi.

17.   Diabetes.

Adapun cara penyajian sarang semut adalah

“100g sarang semut, lalu direbus dalam 5 gelas air hingga yang tersisia hanya 4 gelas, kemudian disaring atau didiamkan dahulu hingga dingin, dan diminum 3 atau 2 kali sehari,” tambahnya.

Inilah manfaat jamu sarang semut dari papua, namun jangan khawatir bila anda ingin mengkonsumsi sarang semut ini tidak usah jauh-jauh untuk ke Papua, anda hanya datang ke alamat Bojonggede Kel,Kedung Waringin Rt/W 04/02 Kam.Pulo, No27 Kec, Bojonggede Kab, Bogor.

Reporter : Albastha R / Fotografer : Albastha R

Editor : Erwin Tri Prasetyo