Home Kampus Ramadhan: Pedagang Makanan Ramaikan Wilayah Wisma Asri

Ramadhan: Pedagang Makanan Ramaikan Wilayah Wisma Asri

679
0
SHARE
Suasana Ramadhan di Wilayah Bekasi

Diamma.com – Suasana bulan Ramadhan pada sore hari, tepatnya di Bekasi Utara sangat ramai, Sabtu (21/7). Para pedagang kaki lima bertebaran diberbagai sudut. Tepatnya di kawasan Ruko Taman Wisma Asri, jalan Raya Taman Wisma Asri. Para pedagang menjajakan menu makanan khas untuk berbuka puasa.

Suasana macet tidak  bisa dihindari. Terjadi kepadatan kendaraan sepanjang 500m, di sekitar ruko. Kepadatan tersebut didominasi oleh kendaraan sepeda motor, dan pejalan kaki. Pedagang kaki lima yang mengisi bahu jalan, membuat jalan sekitar ruko tersebut menjadi sempit.

Suryo (54), seorang pedagang makanan yang telah berjualan di setiap bulan Ramadhan sejak tahun 1998 ini mengaku, bahwa tahun ini lebih ramai dari tahun sebelumnya. “Subhannallah, saya baru buka jam 04.00 sore hingga waktu magrib. Tapi baru jam setengah 05.00, kolak yang saya jual sudah habis laku terjual,” ungkapnya.

Meskipun ramai pembeli, tahun ini Suryo mengaku lebih kesulitan mengontrol pengeluaran. Harga bahan-bahan pokok yang tinggi menjadi faktor utamanya. “Tahun ini, harga bahan-bahan makanan sangat mahal,” kata Suryo.

Menu makanan yang disediakan oleh para pedagang di sekitar ruko Taman Wisma Asri, umumnya seperti kolak pisang dan ubi, asinan, risoles,  ikan asin, sayur sop, ikan bumbu kuning, kering tempe, tumis udang, dan kue basah.

Tahun lalu, Suryo mendapat penghasilan bersih sekitar 1 juta. Ia juga mengaku akan sulit mendapat keuntungan yang lebih besar dari tahun sebelumnya. “Pemasukan di bulan puasa tahun ini tidak bisa ditebak. Bisa saja tahun ini penghasilan saya lebih kecil dari tahun sebelumnya,” keluhnya.

Ia juga berharap, kenaikan harga bahan-bahan pokok tidak berangsur lama. “Saya berharap, di bulan puasa ini terjadi penurunan harga pada bahan-bahan pokok makanan.”

Tulisan ini dikirim oleh: Fajar Yulianto